JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

AKTUALISASI KERJASAMA KEMENTAN DAN TNI

Sebagai wujud realisasi kerjasama antara Kementan dan TNI, Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Sumatera Barat, Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco, dan Komandan Kodim 0309 Solok, Lekol Inf. M. Sigit Saksono melakukan kunjungan kerja ke Balitbu Tropika pada hari selasa tanggal 13 Januari 2015 mulai jam 08.30 sampai 10.00. Tujuan kunjungan adalah untuk mengetahui manajemen pengelolaan kebun buah sebagai tindak lanjut dukungan TNI terhadap program kerja Kementerian Pertanian. Bapak Danrem menyampaikan kesiapan pasukan untuk mendukung pengembangan tanaman buah.

Gambar 1: (Kiri) Ka balai Balitbu Tropika Dr. Ir. Mizu Istianto, MS (Kanan) Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco

Hasil diskusi telah menyepakati beberapa hal, yaitu :

  • · Korem siap membantu pengembangan tanaman buah di wilayah Sumatera Barat dengan mengerahkan semua sumberdaya yang dimiliki.
  • · Korem akan mengirim anggota untuk mengikuti pelatihan budidaya tanaman ke Balitbu untuk program pengembangan tanaman buah.
  • · Sebagai langkah awal semua asrama dibawah naungan Korem 032 akan menanam tanaman buah terutama pepaya, sirsak dan buah naga.

Gambar 2: Danrem, Dandim, Kabalai Balitbu Tropika beserta para Staff

Gambar 3: Suasana Diskusi Kerjasama

Dalam kesempatan ini juga dilakukan sharing pengetahuan tentang manajemen air untuk memenuhi kebutuhan tanaman melalui penerapan teknologi hasil penelitian maupun teknologi lokal yang dikembangkan masyarakat. Akhir pertemuan bapak Danrem dan Dandim menyampaikan kesiapannya untuk mengembangkan tanaman buah yang dimulai dari lingkungan Korem dan Kodim.

Sebagai tindak lanjut operasional, pada tanggal 14 januari 2015 Ka Balitbu Tropika bertemu dengan Dandim  di kantor Kodim 0309 Solok untuk membicarakan realisasi kerjasama pengembangan tanaman buah. Hasil  pertemuan menyepakati :

  1. Pelaksanaan pelatihan budidaya pepaya, sirsak dan buah naga terhadap anggota Kodim  dibawah komando Korem 032 Wirabraja. Jumlah peserta sebanyak 24 orang yang berasal dari setiap Kodim sebanyak 2 orang. Waktu pelatihan direncanakan antara akhir Januari-awal Pebruari 2015.
  2. Balitbu Tropika akan membantu membangun percontohan pertanaman buah di 12 Kodim di Sumatera Barat.

Gambar 4: Tindak lanjut operasional Dandim dan Kabalai Balitbu Tropika di kantor Kodim 0309 Solok

14 Januari 2015


 


Pin It