JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

SEMINAR NASIONAL BUAH TROPIKA NUSANTARA II DI BUKITTINGGI

Dalam Penyelenggaraan seminar nasional Buah tropika nusantara II di bukittinggi, Penyelenggaran seminar merupakan salah satu  kegiatan dari Rencana kegiatan dalam Rencana Diseminasi hasil penelitian (RDHP) Diseminasi teknologi inovatif mendukung pengembangan agribisnis buah tropika. Seminar nasional  ini diselenggarakan selama 3 hari yang terdiri dari 2 hari kegiatan seminar dan 1 hari kegiatan field trip dengan melakukan kunjungan lapang dan peninjauan dua buah kebun percobaan yaitu KP Sumani dan KP Aripan Balai penelitian tanaman buah tropika:

  • Pada hari pertama kegiatan seminar nasional  buah tropika nusantara II acara dimulai dengan laporan ketua Panitia, pembacaan doa dan pembukaan dengan key note speech oleh Kepala Badan Litbang pertanian Kementerian Pertanian, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan pada mini pameran dan display produk.

Gambar  Laporan ketua Panitia (kiri), kepala Badan diwakili oleh Sekretaris Litbang (tengah) narasumber (kanan)

  • Selesai dengan kunjungan pada kegiatan display dilanjutkan dengan pemaparan pemakalah utama  yang terdiri dari dua sesi, sesi pertama terdiri dari 4 makalah utama yaitu : 1). Konsep dan Penerapan Pertanian Bio- Industri berkelanjutan oleh Prof. (Riset) Dr. Ir. Pantjar Simatupang, MS, 2). Kontribusi Hasil Penelitian Tanaman Buah dalam Pembangunan Pertanian Bio-Industri oleh Dr. M. Prama Yufdy MSc (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, 3). Peluang, Tantangan dan Upaya Mendorong Pengembangan Bio-Industri Tanaman Buah Indonesia Memasuki Pasar Bebas ASEAN oleh Prof. Dr. Ir. Roedhy Poerwanto MSc (Institut Pertanian Bogor) dan 4). Status dan Arah Pengembangan Kawasan Buah-buahan  di Indonesia oleh Dr. Rahmat Pinem (Direktorat Budidaya dan Pasca panen Tanaman Buah )

Gambar Kunjungan pada Display mini pameran (kiri), peserta seminar mencicipi pepaya merah delima dan buah naga produk Balitbu-Badan Litbang (tengah) dan  suasana seminar (kanan)

  • Pada sesi kedua setelah ishoma dilakukan lanjutan presentasi pada pemakalah utama terdiri dari 5 makalah yaitu: 1). Peranan PKHT-IPB dalam Pengembangan Tanaman Buah Mendukung Pertanian Bio-Industri Berkelanjutan oleh Dr. Darda Effendi (Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika /PKHT- IPB), 2). Dukungan Teknologi Pascapanen dalam Meningkatkan Nilai Tambah Produk Buah Tropika dan Pembangunan Pertanian oleh Ir. Rudy Tjahjohutomo M.T (Kepala Balai Besar Pascapanen-Balitbang Pertanian), 3). Inovasi Alat dan Mesin Pertanian Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Produk Buah Tropika dan Pembangunan Pertanian Bio-Industri oleh Dr. Ir. Astu Unadi, M.Eng. (Balai Besar Mekanisasi Pertanian-Balitbang Pertanian), 4). Tantangan, Peluang, dan Harapan dalam Pemasaran Buah Tropika  oleh Asosiasi Eksportir-Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia-ASEIBSSINDO  dan 5). Model Pembangunan Pertanian Bio-Industri Berbasis Tanaman Buah oleh Ir. Ruslan Krisno, MBA (PT. Great Giant pineapple) dan kunjungan pada saat rehat pada pemasangan makalah poster terdiri dari 60 buah makalah.
  • Pada hari kedua dilakukan presentasi oral sebanyak 72 makalah, presentasi makalah oral  dilaksanakan  yang  terdiri dari 3 ruangan seminar, kegiatan dilakukan secara paralel. Selesai penyampaian makalah secara oral dilakukan penyusunan rumusan sementara dan dibacakan sebelum acara penutupan seminar oleh Ketua Tim perumus Dr. Ahmad Dimyati (Puslitbang Hortikultura. Selesai pembacaan rumusan sementara, seminar nasional buah tropika nusantara dilakukan penutupan oleh Kepala Pusat penelitian dan pengembangan hortikultura Badan penelitian dan pengembangan pertanian yang diwakili oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.

Gambar Suasana seminar pada sidang pleno (kiri), dan sidang kelompok (kanan)

  • Pada hari ketiga dilakukan kegiatan Field trip dengan mengunjungi daerah wisata agro antara lain kunjungan pada Ngarai sianok Bukittinggi, Istana pagaruyung di Batusangkar, Danau Singkarak dan berakhir dengan kunjungan meninjau kegiatan MKRPL dan perbenihan  tanaman buah dan panen pepaya Merah delima di KP Sumani, seterusnya dilanjutkan kenjungan ke KP Aripan dan Panen Buah Naga: Panen dilakukan sendiri oleh peserta kunjungan dan timbang sendiri hasil panen mereka masing-masing.

Gambar Suasana Field Trip peserta seminar  di Ngarai Sianok (kiri), Lobang Jepang  (tengah) dan Pagaruyung  (kanan)

Gambar Suasana Field Trip peserta seminar  dilokasi MKRPL  (kiri), Perbenihan UPBS  (tengah) dan panen pada kebun buah naga  Balitbu-Badan Litbang  (kanan)

06-10-2014



 



 

 


 


Pin It