JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

LAPORAN FOCUS GROUP DISCUSSION PRELIMINARY DESIGN RENCANA PEMBANGUNAN
AGROWISATA SEI TEMIANG-BATAM

Pertemuan FGD ini dilaksanakan tanggal 19 September 2014 di Gedung B Lantai 4, Gedung IT Centre Badan Pengusahaan Batam. Peserta dalam FGD ini adalah Dirjen PPHP, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Balai Penelitian Tanaman Hias, IPB, Universitas Trisakti, Puslitbang Kepariwisataan, Asosiasi Wisata Agro (AWAI), dan Association of Indonesia Tours and Travel (ASITA). Dalam pertemuan ini disampaikan tentang konsep agrowisata secara umum dan program agrowisata untuk Batam, peluang pengembangan agrowisata di Batam, serta dukungan dan harapan AWAI dan ASITA terhadap pembangunan Agrowisata untuk meningkatkan kepariwisataan Batam. Dalam pertemuan tersebut Balitbu Tropika menyarankan bahwa dalam pembangunan/pengembangan agrowisata yang perlu diperhatikan adalah (a) ketersediaan air, (b) tersedianya infrastruktur yang memadai, misalnya jalan, (c) keamanan, (d) sumber daya manusia yang memadai. Keempat hal tersebut wajib direalisasikan seiring dengan program pengembangan agrowisata. Usulan tersebut disepakati sehingga tahap awal realisasi program tersebut akan difokuskan pada keempat hal tersebut. Selain itu juga diusulkan untuk periode awal jenis tanaman yang dikembangkan adalah buah naga, sirsak, pepaya, dan sawo.

Gambar 1. Suasana pertemuan FGD rencana pengembangan agrowisata di Batam

Tim dari Puslitbanghorti berkesempatan untuk meninjau lapangan melihat lokasi pengembangan pertanaman hortikultura.  Hasil tinjauan lapangan menyimpulkan bahwa (a) lokasi untuk pertanaman hortikultura sangat strategis karena dekat jalan raya, relatif subur dan dekat sumber air, (b) perlu dilakukan pembangunan infrastruktur air dan jalan sehingga menarik investor untuk berinvestasi di lokasi ini, (c) tanaman yang layak dikembangkan adalah buah naga, sirsak, pepaya, sawo, jeruk.

Gambar 2. Lokasi pengembangan pertanaman buah dan contoh tanaman kelengkeng berbuah di lokasi ini

Di lokasi lain pada areal yang sama, tanaman sirsak dan durian asal bibit tumbuh dengan baik yang menunjukkan areal tersebut layak untuk ditanami tanaman buah. Saat ini telah disiapkan bibit tanaman mangga yang diambil dari Balitbu Tropika dan jeruk yang diambil dari Balitjestro untuk ditanam di lokasi pengembangan tanaman buah.

Gambar 3. Lokasi tempat pertanaman sirsak dan durian

Gambar 4. Bibit mangga siap tanam

(29-9-2014)



 



Pin It