JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

LOMBA BUAH UNGGUL  LOKAL DI  KABUPATEN SIJUNJUNG

Penulis: Ni Luh Putu Indriyani

Kabupaten Sijunjung merupakan salah satu sentra durian di Sumatera Barat. Pada musim durian kali ini, pemerintah daerah kabupaten Sijunjung mengadakan lomba buah unggul lokal, khususnya durian,  yang diikuti oleh 28 peserta dari kecamatan Tanjung Gadang dan Koto VII. Lomba diadakan pada tanggal 18 Agustus 2014 di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Sijunjung.  Juri pada kegiatan ini berasal dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.  Acara ini dihadiri oleh bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, Ka. Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Prov. Sumatera Barat, Kepala Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu Tropika), Kepala Balai Benih Sumber Sumatera Barat, L.O Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat untuk Kab. Sijunjung serta dinas/badan/kantor lingkup Pemerintah Daerah Kab. Sijunjung.

Dalam sambutannya, Ir. Nizam Ul Muluk, MM selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Kab. Sijunjung menyampaikan terima kasih atas bantuan Badan Litbang Pertanian melalui Balitbu Tropika dalam pemurnian beberapa jenis buah lokal Sijunjung.   Dr. Ir. Mizu Istianto selaku Kepala Balitbu Tropika menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kab. Sijunjung yang memberikan kepercayaan kepada Balitbu Tropika untuk memurnikan buah lokal asal Sijunjung seperti durian, lansek dan manggis sehingga dapat dikembangkan oleh masyarakat. Selanjutnya, Drs. Yuswir Arifin selaku Bupati Sijunjung mengapresiasi partisipasi Badan Litbang Pertanian melalui Balitbu Tropika dalam pendaftaran varietas Durian Kalumpang,  yang berasal  Nagari Pematang Panjang,  Kecamatan Sijunjung serta harapan partisipasi dari BPTP Sumatera Barat dalam proses pelepasan Varietas Padi Lampai Kuniang dan Padi Merah Lampai Kuniang oleh Menteri Pertanian. Acara diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada petani dari Kelompok Tani Timbulun Kec. Tanjung Gadang yang memperoleh predikat terbaik pada lomba buah durian kali ini.

Sambutan Ka Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sijunjung, Ka Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika , serta Bupati Sijunjung pada lomba Buah Unggul Lokal, 18 Agustus 2014

26-08-2014


Pin It