JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

PROFILE PENGEMBANGAN PEPAYA MERAH DELIMA

Pepaya Merah Delima adalah varietas unggul baru yang dilepas dengan SK MENTAN 2275/KPTS/SR.210/5/2011.
Keunggulan varietas ini antara lain:
  • Warna daging buah merah oranye
  • Bobot buah 0,8 - 1,9 kg
  • Tebal daging buah > 3 cm
  • Rasa manis (TSS 11-14º brix)
  • Daging buah kenyal
  • Umur simpan > 7 hari (pada suhu kamar)
  • Produktivitas > 70 ton/ha

Sejak dilepas benih  pepaya ini telah terdistribusi hampir keseluruh Indonesia  melalui 32 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten,PTPN VIII  Jawa Barat, pihak swasta maupun petani .

Pengembangan papaya Merah Delima di Sumatera Barat diawali pada tahun 2007 di Kabupaten Padang Pariaman. Pengenalan Pepaya Merah Delima dilakukan melalui kegiatan PTT Pepaya dan uji adaptasi di petani. Pada awalnya petani tidak yakin dengan keunggulan pepaya Merah Delima karena ukuran sedang, tetapi buah papaya Merah Delima ternyata dapat menembus pasar supermarket yang dijual dengan harga petani Rp 3.500/kg. Pengembangan pepaya ini memberikan dampak positif terhadap pendapatan petani sehingga menjadi contoh petani lain disekitarnya.

Sejak mendapatkan legalitas pengembangan Varietas pepaya Merah Delima pada tahun 2011,  maka pengembangannya segera menyebar di seluruh Sumatera Barat. Pada tahun awal tahun 2014 telah dilakukan monitoring terhadap pengembangan pepaya Merah Delima di Sumatera Barat oleh Tim Peneliti Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.

Lokasi Pengembangan Pepaya Merah Delima di Sumatera Barat

Kecamatan Patamuan dan Kec. Padang Sago  Kabupaten Padang Pariaman
Pepaya ini ditanam petani dengan cara organik maupun anorganik. Produksi pepaya Merah Delima di daerah ini mencapai  ± 81,5 ton/ha pada musim panen pertama, dan akan meningkat pada bulan berikutnya. Saat ini petani memasok ke pasar  lokal karena tingginya permintaan konsumen . Harga jual pepaya Merah Delima  ditingkat petani/dikebun Rp.  2500/kg, sedangkan pada pasar lokal  Rp 6000/kg. Sementara harga pepaya  varietas lain yang hampir sama bentuk dan ukurannya dihargai Rp 1600/kg. Menurut informasi dari petani, tingginya harga jual pepaya Merah Delima disebabkan oleh rasanya yang lebih manis, warna daging lebih merah dan menarik serta daya simpan yang lebih lama dibandingkan pepaya varietas lain yang ada di pasaran. Hal ini yang menyebabkan petani mulai banyak tertarik dan beralih untuk menanam  pepaya  Merah Delima.

Foto Pepaya Merah Delima Dilokasi Pengembangan di Kec. Patamuan

Foto Pepaya Merah Delima Dilokasi Pengembangan di Kec. Padang Sago

Pengembangan di Kenagarian Tikalak Kecamatan X. Koto Singkarak KabupatenSolok
Pepaya Merah Delima mulai dikembangkan di Tikalak sejak  tahun 2011, sampai saat ini sekitar 5 Ha lahan yang telah ditanami pepaya Merah Delima dengan umur tanaman yang bervariasi. Di Kenagarian Tikalak produksi pepaya Merah Delima berkisar 75 ton/ha/empat bulan panen. Seiring dengan permintaan pasar yang tinggi terhadap buah papaya Merah Delima maka pembukaan lokasi baru untuk pengembangan.penanaman pepaya Merah Delima di Nagari Tikalak terus dilakukan.
Produksi pepaya Merah Delima dari Nagari Tikalak umumnya dipasarkan untuk memenuhi permintaan di luar Provinsi Sumatera Barat, yaitu Propinsi Jambi  dengan harga jual Rp. 5000/kg. Di Jambi harga jual papaya Merah Delima di pasar modern (Supermarket)  mencapai Rp 7000-8000/kg, lebih tinggi dibanding pepaya lainnya. Menurut Pedagang sekaligus petani  perbedaan harga ini  disebabkan, keunggulan rasa manis dan umur simpan yang lebih lama dibanding pepaya lainnya.
Foto Pepaya Merah Delima Dilokasi Pengembangan di Kenagarian Tikalak Kec. X Koto Singkarak Kab. Solok

Pengembangan Pepaya Merah Delima di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam

Petani di Kenagarian Malalak Timur   mulai mengembangkan pepaya Merah Delima dengan luas 1 Ha saat ini tanaman baru memasuki fase generative (berbunga). Budidaya pepaya Merah Delima di daerah ini dilakukan dengan cara semiorganik. Pemasaran hasil rencananya akan dibawa pasar luar daerah saat ini masyarakat sudah mulai memperluas lahan untuk penanaman pepaya Merah Delima.


Foto Pepaya Merah Delima Dilokasi Pengembangan di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam
(16-06-2014)





Pin It