JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika)  melalui Unit Produksi Benih Sumber (UPBS) telah menghasilkan benih sumber yang akan didustribusikan pada penangkar, Balai Benih, dan BPTP di seluruh Indonesia untuk mendukung penyediaan benih tanaman buah.  Salah satu stakeholder yang berminat yaitu BPTP Sumatera Selatan. Berawal dari survei Tim SERASI Puslitbang Hortikultura awal Juli 2019 menjumpai BBU di Muara Telang yang sebagian lahannya belum termanfaatkan dan perlu dukungan benih sumber untuk mensuport kebutuhan benih tanaman buah di sekitar Muara Telang. Hasil koordinasi antara Tim Puslitbang Hortikultura dan BPTP Sumatera Selatan direncanakan akan diserahkan benih sumber mangga yang diproduksi UPBS Balitbu Tropika untuk mendukung program SERASI dan sebagai pohon induk blok fondasi di kebun percobaan milik BPTP Sumatera Selatan.
Tindak lanjut dari rencana tersebut maka pada Minggu,14 Juli 2019 telah diserahkan  benih sumber mangga Garifta Merah sebanyak 300 batang dan Garifta Orange 200 batang. Serah terima benih dari Balitbu Tropika kepada BPTP Sumatera Selatan dilakukan di KP. Kayu Agung.
Diharapkan benih pokok kedua varietas mangga tersebut dapat menjadi sumber bahan perbanyakan untuk pengembangan kedua VUB mangga tersebut. Selain itu distribusi benih tersebut dapat menjadi salah satu cara pengenalan varietas unggul mangga Garifta Merah dan Orange.

 Sumber : Tri Budiyanti
Foto : Asril dan Evi

Pin It