JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kamis 20 Juni 2019, Balitbu Tropika menyelenggarakan acara public hearing penyusunan standar pelayanan publik. Acara ini bertujuan untuk mendengarkan tanggapan stakeholder terhadap standar pelayanan publik yang telah dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika. Acara dihadiri oleh Kepala Bagian Budaya Kerja Kementerian Pertanian, pemerintah daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat, Pemkab Tebing Tinggi-Sumatera Utara, Pemkab Rokan Hulu-Riau, Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Padang, Ombudsman, Universitas Asahan, Pemkab Asahan, Balitbangda Sumatera Barat, Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas-Jawa Tengah, BPTP Sumatera Barat dan perwakilan dari Balitbangtan.
Acara dibuka oleh Kasub Bagian Budaya Kerja Kementerian Pertanian, Ir. Mardianis, MM. Paparan tentang standar pelayanan publik disampaikan oleh perwakilan dari Ombudsman. Menurut perwakilan Ombudsman, Adel Wahidi, SEI public hearing tidak lazim dilakukan seluruh pemerintah di Sumatera Barat. Sehingga beliau sangat mengapresiasi Balitbu Tropika yang menyelenggarakan acara ini. Melalui public hearing, masyarakat dapat mengetahui prosedur dan lama pelayanan yang diterima masyarakat.
Tanggapan stakeholder tentang standar pelayanan publik Balitbu Tropika disampaikan pada sesi tanya jawab dan pada lembar saran yang diserahkan bersama seminar kit. Sesi diskusi ini dilaksanakan setelah penyampaian profil balai oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian Dr.Panca Jarot Santoso. Secara umum semua peserta sangat senang dengan peranan Balitbu Tropika dalam pengembangan buah Tropika. Beberapa pihak berniat menandatangani perjanjian kerjasama dengan Balitbu Tropika. Salah satu peserta dari Dinas Pertanian Rokan Hulu yang selama ini menanam buah-buahan asal Balitbu Tropika meminta kesediaan Balitbu Tropika untuk memberikan pendampingan teknologi pemanfaatan lahan gambut untuk usaha tani buah-buahan, dan ingin menindaklanjuti perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani Balitbu Tropika dengan Dinas Pertanian Rokan Hulu tentang pengembangan buah-buahan di Rokan Hulu. Rektor Universitas Asahan, Prof Dr Ibnu Hajar, MSi tertarik untuk bekerjasama dengan Balitbu Tropika dalam bidang riset, magang mahasiswa dan publikasi ilmiah. SMKN 3 Teluk Kuantan, Riau meminta kesediaan Balitbu Tropika untuk menerima magang siswa dan staf pengajar mereka. Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas-Jawa Tengah Bapak Widarso juga menyampaikan perasaan puas atas kerjasama dengan Balitbu Tropika. Kabupaten Banyumas sebagai pemilik pohon induk durian unggul varietas Bawor, sangat berterima kasih atas bantuan Balitbu Tropika dalam membina petani dan penangkar durian di Kabupaten Banyumas, serta berharap dapat bekerjasama untuk komoditas lainnya di waktu mendatang.
Sebelum acara ditutup dilakukan penandatanganan berita acara public hearing standar pelayanan publik Balitbu Tropika. Bertindak sebagai saksi Ir.Mardianis, MM dari Kementan, dan Adel Wahidi, SEI dari Ombudsman perwakilan Sumatera Barat. Selanjutnya dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas, yang diwakili Ir. Widarso, MM dengan Balitbu Tropika, yang diwakili oleh Ir Djoko Sudarso, MSi. Penandatanganan kerjasama ini terkait permintaan pemkab Banyumas kepada Balitbu Tropika untuk pendampingan teknologi buah tropika.
Setelah penutupan, acara diakhiri dengan field trip peserta public hearing ke kebun percobaan Aripan untuk melihat pengelolaan kebun dan pemandangan alam yang indah di Balitbu Tropika.

Sumber : Tim Web

Pin It