JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sabtu, 8 Desember 2018 Sekjen Kementan, sekaligus Plt Kepala BALITBANGTAN mengunjungi Kebun Percobaan Cukurgondang , Pasuruan.
Sekjen yang didampingi oleh Prof. Erizal Jamal dan Ka BPTP Jatim serta Ka Balitkabi  mengunjungi Stasiun Uji BUSS di Mojosari-Mojokerto sebelum bertolak ke KP Cukurgondang, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.
Pada kesempatan ini, Sekjen menyampaikan beberapa hal, diantaranya: Arahan presiden bahwa pengembangan  pertanian mengarah kepada ekspor. Puslitbang Hortikultura termasuk Balitbu Tropika dengan Kebun  Percobaannya harus siap memfasilitasi  dalam memenuhi kebutuhan pasar. Mangga merupakan komoditas potensial untuk pasar dunia diantaranya  Negara Timur Tengah khususnya Qatar  siap menerima produk mangga Indonesia.
Balitbu Tropika siap untuk berkontribusi dalam  teknologi produksi dan penyediaan benih dan bekerjasama dengan swasta. Kebun Percobaan Cukurgondang memiliki plasma nutfah mangga yang sangat  beragam. Sekjen berpesan untuk memilih salah satu dari sekian banyak unggulan yang ada. Buah mangga yang bewarna kemerahan dengan rasa buah yang tidak begitu manis sangat digemari pasar Eropa. Mangga Garifta Merah dan Orange serta Gadung21 sangat sesuai dengan kriteria tersebut.  Sementara mangga Agri Gardina  diarahkan untuk pertanian di perkotaan karena memilki tajuk yang rendah, cepat berbuah, dan produktifitas tinggi. Selain itu sangat disukai karena memiliki aroma dan rasa yang khas, dan mudah dibuka seperti pisang.

 

Foto : RJ Ali

Naskah : Rebin

Editor : Tim Web

Pin It