JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Event SPEKTAHORTI 2018 yang berlangsung di Balitsa Lembang 20-23 September 2018 ini dipenuhi oleh beragam acara, diantaranya adalah "Bimbingan Teknis Tanaman Buah" Pada Komoditas Mangga, Durian Dan Pepaya. Bimtek tanaman buah tropika dibuka langsung oleh Ka. Balitbu Tropika Dr. Ellina Mansyah. Bimtek durian yang diselenggarakan di aula Balitsa diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari petani, pecinta durian,  hobiis,  pengusaha,  peneliti dan teknisi dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sesi satu diisi oleh peneliti durian Balitbu Tropika Dr. Panca Jarot Santoso dengan materi budidaya durian. Pada sesi kedua materi pemupukan durian yang disampaikan oleh Agus Priyono, SP penyuluh pertanian BPP Loa Janan. Selain itu juga ada praktek produksi benih durian dan pemangkasan pada durian.

Pada hari yang sama juga diselenggarakan bimbingan teknis top working tanaman mangga. Bimtek ini dilaksanakan di tenda utama AIF dan diikuti oleh lebih dari 76 orang peserta dari berbagai ragam stakeholder dan berbagai daerah. Pemateri pada Bimtek ini adalah Ir. Rebin, peneliti mangga senior Balitbu Tropika. Tidak hanya penyampaian materi dan diskusi, peserta juga dibekali  prakatek labgsung teknik top working mulai pemilihan entris serta pelaksanaan top working mangga.

Balitbu Tropika di penghujung gelaran SPEKTAHORTI  ini Minggu, 23 September 2018 menggelar Bimtek untuk komoditi pepaya. Bimtek diikuti oleh lebih kurang 100 orang stakeholder dari berbagai kalangan dan daerah. Sesi pertama diisi oleh peneliti pepaya Balitbu Tropika Tri Budiyanti, MSi tentang perbenihan dan budidaya pepaya. Sesi kedua materi disampaikan oleh Dr. Affandi mengenai permasalahan, pengenalan dan penanggulangan OPT pepaya khususnya penyakit papaya ring spot virus (PSPV) yang saat ini mulai meluas di daerah Jawa Barat.

Jumlah peserta Bimtek yang banyak dan antusiasme peserta terhadap materi yang diberikan memberikan gambaran tingginya semangat dan hausnya masyarakat untuk mengetahui info terbaru tentang teknologi dan informasi buah tropika. Semoga Bimtek yang dilaksanakan ini bermanfaat dalam memajukan petanian khususnya tanaman buah di Indonesia.

 

Foto  : Tim web

Naskah : Tim Web

Pin It