JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kegiatan The First Bali International Conference on Banana yang bertema 'From basics to fields and industries' dilaksanakan di Pulau Dewata pada tanggal 12 September 2018. Kegiatan ini merupakan kerjasama dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Udayana, Universitas Hindu Indonesia, Bali International Research Centre for Banana, Kegiatan ini diikuti oleh peneliti, pengajar dan mahasiswa dari perguruan tinggi dan pengusaha dari tujuh negara, yaitu  Indonesia, Filipina, China, Taiwan, Jepang, Amerika Serikat dan Malaysia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui perkembangan teknologi terkini dan tukar-menukar informasi dan pengalaman dalam pengelolaan tanaman pisang.

Topik yang dipresentasikan pada kegiatan tersebut antara lain keragaman pisang, hasil-hasil kegiatan perbaikan kultivar pisang, status dan pengendalian penyakit pisang, pasca panen pisang dari aspek morfologi hingga molekuler, pengelolaan pertanaman pisang skala komersial, banana integrated farming, pemanfaatan teknologi pengindraan jarak jauh di bidang pertanian.

Salah seorang peneliti Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) Dr. Agus Sutanto mempresentasikan 'The Diversity of Musa in Indonesia: From Exploration to Utilization' yang memaparkan tentang keragaman pisang Indonesia yang sejak 1943 telah diidentifikasi dan dieksplorasi sampai dengan pengelolaan dan pemanfaatannya untuk pemuliaan tanaman. Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan salah satu VUB pisang hasil pemuliaan Balitbu Tropika yang toleran layu fusarium, yaitu INA 03.

Sesi kedua dari kegiatan ini adalah workshop dengan tema 'From cultivation to postharvest' yang menampilkan materi budidaya tanaman pisang, pengenalan dan pengendalian hama dan penyakit pisang, pengolahan produk pisang. Salah satu peneliti pasca panen Balitbu Tropika Ir. Ucu Rosdianto memaparkan materi pengolahan produk berbahan dasar pisang dan menampilkan contoh produk berupa bolu pisang, keripik pisang bercita-rasa asli, balado, rendang dan coklat, serundeng pisang dan tape pisang. 

Pemaparan materi dan pengenalan VUB pisang INA 03 oleh Dr. Agus Sutanto

 

Foto Bersama Perserta The First Bali International Conference on Banana 

Foto dan naskah : Agus Sutanto
Editor : Tim web

 

Pin It