JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berawal dari permohonan Dinas Pertanian Kabupeten Pringsewu  tentang bantuan benih kultivar pisang untuk membangun kebun plasma nutfah pisang, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika menjalin kerjasama melalui  menyediaan benih pisang dan tenaga ahli untuk mendukung kegiatan tersebut. 

Balitbu Tropika telah menugaskan Edison HS untuk berkoordinasi dengan Kadis Pertanian Kab.Pringsewu Iskandar Muda, untuk kegiatan membangun kebun plasma nutfah dan kebun untuk blok fondasi pisang.

Wakil Bupati Pringsewu  Fauzi sangat mendukung pembangunan dan pengebangan kebun plasma nutfah pisang Kabupaten Pringsewu ini diharapkan Balitbu Tropika dapat berperan untuk pengawal dan dukungan teknologi, tata cata pengelolaan plasmanutfah dan pengumpulan data karakter tanaman plasma nutfah pisang, serta informasi dari plasma nutfah tersebut. Balitbu Tropika akan membantu beberapa kultivar pisang yang dimiliki untuk memperkaya jumlah keragaman kultivar kebun koleksi plasma pisang  di Kabupaten Pringsewu (Lokasi disamping Kantor Bupati Pringsewu). Sebagian kultivar pisang telah ditanam di kebun plasma nutfah tersebut (9 kultivar umur 4 bulan tanam),  dan tambahan 3 kultivar yang telah dirilis (kepok tanjung, Raja kinalun dan Ketan 01).

Edison juga memberikan bimtek di BPP.Gading Rejo. Pringswu), untuk teknologi perbenihan, budidaya, penanganan hama penyakit, serta pengelohan hasil (pasca panen), dan tata cata pendiskripsian tanaman pisang untuk mengumpulkan data agar informasi tiap kultivar dapat bermanfaat untuk pengambilkebijakan ( dihadiri 12 orang dari Dinas Pertanian Kab.Pringsewu, dan tenaga BPSB. Kab.Pringsewu

Foto dan naskah : Edison Hs
Editor : Tim web

Pin It