JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Udara pagi yang sejuk dan basahnya tanah sisa hujan tadi malam mengiringi perjalanan kami menuju Glenmore Banyuwangi. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari Kota Banyuwangi, tim sampai di PT. New View Glen Falloch tepatnya di Gunung Krikil, Tegalharjo Glenmore Banyuwangi Jawa Timur.
Di pintu masuk kebun, kami disambut dengan hamparan tanaman pepaya Merah Delima berumur 3 bulan yang sedang mulai berbunga. Tujuan perjalanan kami adalah untuk memonitoring pengembangan pepaya Merah Delima di lokasi ini. Asisten Direktur Bambang Herijanto dan Manager produksi Untung Edi S berkesempatan mendampingi kami baik di kantor dan di lapangan.
PT.New View Glen Falloch awalnya merupakan perusahaan tanaman perkebunan antara lain kakao,kopi,kelapa dan tebu, tetapi dengan visi yang baru mulai beralih pada pengembangan hortikultura dan didukung dengan agroeduwisata. Perkebunan seluas 910 ha tersebut saat ini dipimpin oleh direktur yaitu Raymond Tjandra dan Richard Tjandra. Di usia yang tergolong muda, dua bersaudara yang lahir di luar negeri dan telah menyelesaikan studi di University of British Columbia, Sauder School of Business di Vancouver, Canada dan Brandeis University di Waltham, Massachussets memilih kembali ke Indonesia untuk berkiprah di agribisnis perkebunan dan hortikultura.
Salah satu komoditas hortikultura yang diunggulkan yaitu pepaya. Sejak pertengahan tahun 2017 PT.New View Glen Falloch mulai menanam sekitar 24 ha pepaya Merah Delima dan saat ini sudah mulai panen.Pepaya Merah Delima dapat beradaptasi dan berproduksi dengan baik.Untuk meningkatkan kualitas buah disarankan untuk penambahan pupuk KNO3 dan pengapuran lahan.
Sebagian hamparan pepaya ditanam dengan tumpangsari cabe rawit dan kelapa hibrida dengan jarak tanam pepaya 4x2 m. Kelapa hibrida masih muda sehingga tajuknya masih kecil. Sedangkan populasi pepaya lainnya ditumpang sari dengan kelapa hibrida yang umurnya masih muda.
Bambang menyampaikan harapannya agar pepaya Merah Delima menjadi salah satu komoditas yang dapat bernilai jual tinggi sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Pada kunjungan ini kami berkesempatan diskusi dengan Direksi Raymond dan Richard membahas tentang pengembangan tanaman buah di PT.New View Glen Falloch. Raymond mengharapkan ada kegiatan Balitbangtan Kementan yang dikerjasamakan dengan PT.New View Glen Falloch. Perusahaan mempunyai aset lahan yang luas dan subur sehingga punya potensi besar untuk pengembangan cabai,strowbery putih, pepaya,buah naga kuning dan komoditas hortikultura eksotis lainnya.
Semoga kekayaan sumber daya alam dan keindahan bentang alam di kebun PT.New View Glen Falloch dapat segera menjadi sentra baru komoditas hortikultura di Jawa Timur.

Kanan : sebagian hamparan pepaya Merah Delima, Kiri : foto bersama jajaran direksi PT. New View Glen Falloch

 

Penampilan ukuran buah pepaya Merah Delima yang sudah mulai dipanen

Foto : Masirul

Naskah dan editor : Tim Web

Pin It