JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten di Propinsi Sumatera Barat yang berupa daerah kepulauan dan berada di Samudera Hindia.  Daerah ini sangat prospektif untuk pengembangan tanaman buah-buahan seperti manggis dan durian. Selain ketersediaan lahan potensi ini juga didukung oleh iklim yang sesuai untuk komoditas manggis dan durian serta semangat petani yang luar biasa.

Dalam upaya mewujudkan harapan tersebut, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat menggandeng Balitbu Tropika dalam hal ini diwakili oleh peneliti senior bidang ekofisiologi tumbuhan Dr. Martias untuk pelaksanaan pelatihan teknologi budidaya Manggis dan Durian.

Pelatihan ini berlangsung pada tanggal 27 April 2018, bertempat di Tua Pejat Kab. Kepulauan Mentawai, didikuti oleh penyuluh pertanian lapangan dan petani dari 5 kecamatan.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake menjelaskan bahwa selama ini daerahnya merupakan pemasok sagu, talas dan pisang ke kota Padang. Dengan berkembangnya sektor parawisata dan didukung oleh sarana transportasi maka penduduk lokal diharapkan mampu menghasil komoditas yang bernilai ekonomi tinggi, terutama manggis dan durian untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan melengkapi objek agrowisata di masa yang akan datang.

Peserta pelatihan menuturkan bahwa manggis dan durian sudah tumbuh secara alami dan beberala telah ditanam oleh masyarakat lokal namun belum diusahakan secara baik sehingga produktivitasnya sangat rendah. Sebagian besar produksi hanya dikonsumsi sendiri dan belum dilirik oleh pedagang seperti di daerah sentra produksi manggis dan durian lain di Sumatera Barat. Petani mengharapkan Balitbu Tropika untuk dapat memberikan pendampingan secara berkelanjutan sehingga manggis dan durian menjadi Icon daerah Kepualauan Mentawai di masa mendatang.

Image by google

Naskah dan foto : Martias Ma'ad

Editor : Tim Web

 

Pin It