JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika bersama Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Informasi Pertanian kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) teknologi budidaya Buah Tropika. Kali ini untuk komoditas pepaya dan manggis.Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menghilirkan inovasi teknologi yg dihasilkan Balitbu Tropika Kementrian Pertanian kepada pengguna secara langsung. Acara yg berlangsung selama 2 hari (4-5 April 2018) tersebut dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Menteri, Kementerian Pertanian Bidang Lingkungan Ir. Mukti Sardjono, MSc.

Dalam arahannya saat acara pembukaan, Mukti Sardjono, menyampaikan bahwa Pepaya dan manggis merupakan komoditas penting karena pepaya biasa dikonsumsi sendiri oleh masyarakat sedangkan manggis mempunyai pasar yang besar di luar negeri (ekspor). Buah dalam negeri adalah buah segar yang langsung dapat dikonsumsi tidak seperti buah impor sudah diawetkan. Peningkatan kemampuan petani melalui pelatihan dan bimtek sangat diperlukan sehingga produksi dan kualitas buah yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk luar negeri.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Informasi Pertanian Ir. Gayatri K. Rana, MSc saat memberikan sambutan.

Kepala Balitbu Tropika Dr. Ellina Mansyah saat pengarahannya menyampaikan bahwa BIMTEK ini adalah sarana yg sangat efektif dalam mendiseminasikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan balai kepada pengguna, karena selain menerima materi dan diskusi di ruangan peserta juga dapat melihat dan mempraktekkan langsung beberapa teknologi seperti teknik perbanyakan benih pepaya melalui selfing dan perbenihan manggis.
Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh berbagai kalangan seperti KTNA, penyuluh dan petugas dari Dinas Pertanian, BPTP, hobiis dan 3 orang dari kepolisian dan babinsa serta pelaku usahatani lainnya. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Provinsi Riau, Jambi, Sumut dan Sumatera Barat sendiri. Jumlah peserta yg hadir pada hari pertama (BIMTEK pepaya) sebanyak 118 orang dan hari kedua (BIMTEK manggis) sebanyak 96 orang.

Selama acara berlangsung, baik saat diskusi di ruangan maupun saat praktek dan kunjungan lapangan peserta mengikuti dengan seksama dan bersemangat.
Semoga informasi teknologi budidaya pepaya dan manggis pada bimtek kali ini dapat diaplikasikan sehingga buah tropika mempunyai daya saing yang tinggi.

Suasana saat pembukaan

Suasana saat praktikum di ruang dan di lapang

Artikel dan foto : Tum Web

 

Pin It