JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Dalam rangka diseminasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kmenterian Pertanian selama dua hari 14-15 Maret 2018 dilakukan acara Bimtek untuk komoditas pisang dan durian. Bimbingan Teknis Teknologi Produksi dan Budidaya Pisang dan Durian ini dilaksanakan oleh Balitbu Tropika bersama Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian yang bertempat di Kebun Percobaan Subang, Balitbu Tropika.

Acara ini dibuka oleh Kepala Balitbu Tropika Dr. Ellina Mansyah bersama Kepala Perpustakaan Ir. Gayatri K. Rana, Msc. Dalam pembukaannya Kepala Balitbu Tropika menyampaikan bahwa Balitbu Tropika telah banyak menghasilkan teknologi untuk komoditas buah-buahan, namun penyebaran dan penerapannya masih belum optimal. Melalui kegiatan ini, diharapkan teknologi yang telah dihasilkan dapat menyebar semakin luas dan diadopsi oleh pengguna yang akhirnya dapat meningkatkan produksi dan pendapatan pelaku usahatani. Ka. Balitbu dan Ka. Perpustakaan sama-sama berharap agar alumni acara ini nantinya dapat menjadi pengusaha dan produsen benih buah-buahan tropika.

Jumlah peserta yang hadir pada hari pertama sebanyak 76 orang dan hari kedua sebanyak 78 orang. Peserta yang hadir tidak saja petani dan praktisi buah pemula tapi juga diikuti oleh pelaku usahatani buah-buahan yang sudah eksis di tanah air. Mereka berasal dari berbagai daerah, terutama dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Beberapa peserta bahkan datang dari Jakarta, Yogyakarta, Bali dan Kalimantan.

Selama acara Bimtek berlangsung, terlihat animo dan antusiasme peserta yang sangat tinggi, interaksi dan diskusi berjalan sangat lancar baik saat penyampaian materi di ruangan maupun saat praktek perbanyakan benih di lapangan. Semoga acara ini bermanfaat dalam pengembangan buah tropika di tanah air.

Pembukaan dan hari pertama Bimtek Teknologi Perbenihan dan Budidaya Duren dan Pisang di KP Subang

 

Bimtek hari ke dua di KP Subang

Foto dan naskah : Tim Web

Pin It