JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mendukung tahun perbenihan hortikultura Kementan 2018, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika mendapat mandat menyiapkan benih 6 komoditas buah, sukun, jengkol dan petai. Perbanyakan massal benih 9 komoditas tersebut telah dimulai sejak tahun 2017. 

Untuk komoditas petai, dalam kegiatan perbanyakan benih tersebut juga dilakukan eksplorasi ke beberapa daerah untuk mendapatkan jenis petai unggul daerah. Selama kegiatan eksplorasi tahun 2017 tersebut, tim perbenihan petai Balitbu Tropika telah menentukan dua jenis  petai unggul berdasarkan idiotipe yang telah disusun. Selanjutnya pohon petai unggul ini akan ditetapkan sebagai calon pohon induk yang akan didaftarkan sebagai varietas unggul baru.

Terkait proses pendaftaran ini, pada Kamis, 22 Februari 2017, Tim perbenihan petai Balitbu Tropika, Ir. Sunyoto, Dr. Sukartini, MP, Kuswandi, SP, MSi, Nini Marta, SP, MP dan Deni Emilda, SSi, MSc didampingi pengawas benih Kabupaten Solok, Busra Effendi, SP, berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Solok. Tim Balitbu Tropika diterima oleh Ir. Admaizon (Kepala Dinas), Miharta Maria, SPt (Sekretaris Dinas), Amri Fahmi, SP (Kepala Bidang Hortikultura) dan Mus Mulyadi, SP (Kepala Seksi Perbenihan dan Perlindungan). Dalam kesempatan ini, tim Balitbu Tropika melaporkan kepada Dinas Pertanian bahwa  ada 2 calon varietas baru petai yang berasal dari Kabupaten Solok. Kegiatan pendaftaran varietas ini melibatkan kerjasama antara Balitbu Tropika, Dinas Pertanian Kab. Solok dan UPTD BPSB Sumatera Barat. Kepala Dinas menyatakan sangat mendukung rencana pendaftaran varietas petai ini dan akan melaporkan kepada Bapak Bupati Solok.

Draft awal pendaftaran varietas petai sudah disampaikan dan selanjutnya akan diagendakan pertemuan untuk penyempurnaan naskah pendaftaran tersebut satu minggu setelah kunjungan ini. Pertemuan nanti  akan dilakukan di Balitbu Tropika di Aripan. Dengan adanya pendaftaran varietas baru petai diharapkan tanaman petai unggul semakin berkembang terutama  di wilayah Kabupaten Solok.

Foto dan naskah : Tim Web

Pin It