JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PT Astra Agro Lestari memiliki kebun kelapa sawit yang berlokasi di Jambi yang di kelola oleh PT Sari Aditya Loka (PT SAL) seluas 5.076,65 ha. PT SAL bermitra dengan petani kebun plasma sebanyak 6.377 petani yang menguasai lahan seluas 13.221,79 ha. Lokasi PT SAL berdampingan dengan desa-desa yang menjadi lokasi warga transmigran dan warga lokal termasuk Suku Anak Dalam atau Orang Rimba yang bermukim di sekitar Taman Nasional Bukit Dua belas (TNBD).

Warga Suku Anak Dalam saat ini sebagian bermukim di luar kawasan TNBD bersama warga transmigran dan penduduk lokal, namun mereka masih mempertahankan tradisi cara hidup di hutan, sehiangga taraf kehidupan mereka relatif kurang sejahtera, dibandingkan dengan para transmigran dan penduduk lokal di sekitarnya. Oleh karena itu PT AAL bermaksud untuk mengembangkan Perhutanan Sosial dalam bentuk kebun atau hutan buah disekitar TNBD yang menjadi permukiman Suku Anak Dalam, dengan target tanaman yang akan dikembangkan adalah tanaman durian dan pisang.

Dalam rangka pengembangan Perhutanan Sosial tersebut, PT AAL bermaksud untuk menggandeng Balitbu Tropika dalam kapasitasnya sebagai penyedia benih tanaman buah dan pendamping budidaya untuk kegiatan tersebut. Untuk keperluan tersebut, pada hari Selasa tanggal 22 Agustus 2017, bpk Freddy T.H. Sinurat Kepala Departemen CSR PT AAL telah datang berkujung ke Balitbu Tropika yang diterima langsung oleh Kasi Jasa Penelitian Balitbu Tropika, Dr. Panca Jarot Santoso. Dalam kesempatan tersebut dibicarakan mekanisme penyediaan benih, mekanisme pendampingan budidaya, pelatihan petani dan petugas lapang PT AAL, dan persiapan saprodi yang dibutuhkan. Dalam Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke lapang diantranya demplot kebun buah durian dan pisang serta ke Unit Pengelola Benih Sumber untuk melihat langsung cara produksi benih durian.

Sumber: Oleh: Noviarli dan Panca Jarot Santoso
23 Agustus 2017


 

Pin It