JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Rapat Koordinasi Persiapan Penas 2020

Provinsi Sumatera Barat ditetapkan sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan kegiatan Penas KTNA XVI tahun 2020 mendatang. Pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2017 Balitbu Tropika memenuhi undangan dari Pemda Sumatera Barat untuk ikut serta pada rapat koordinasi. Rapat koordinasi dilaksanakan di aula gedung pertemuan Bagindo Aziz Chan Balai Kota Padang.   Pertemuan dihadiri oleh Seluruh SKPD terkait, diantaranya Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, Badan Pertanahan, Dinas Pertanian Sumbar, BPTP Sumbar dan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika. Resume  dari pertemuan tersebut diantaranya adalah:

  1. Lokasi Penas KTNA XVI tahun 2020 ditetapkan di Kawasan Balai Kota Padang Aia Pacah dengan luas lahan lebih kurang 56 ha,  36 ha diantaranya adalah sebagai lahan pendukung. Sebagian dari lahan tersebut saat ini kondisinya sudah clean dan clear (telah dibebaskan dan siap digunakan) namun sebagian lagi masih ada permasalahan. Dalam waktu yang tidak terlalu lama masalah ini akan dituntaskan melalui koordinasi dengan pihak terkait.
  2. Lahan Penas KTNA yang akan digunakan nantinya diharapkan mempunyai manfaat jangka panjang bagi masyarakat di sekitarnya antara lain dapat digunakan dalam mempromosikan wisata Sumatera Barat khususnya pada bidang pertanian.
  3. Balitbu Tropika siap terlibat dan mendukung secara penuh kegiatan tersebut. Rencana aksi Balitbu Tropika pada awal 2018 akan segera menanam beberapa tanaman buah antara lain buah naga, pisang dan durian.
  4. Badan Litbang pertanian membutuhkan lahan sekitar 10 ha untuk kebun contoh dan Gelar Teknologi lainnya.

Pada kesempatan tersebut kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto menyampaikan beberapa catatan pada pelaksanaan Penas KTNA periode sebelumnya, hal tersebut adalah untuk mengurangi dan mengantisipasi  kendala-kendala yang muncul nantinya. Diantara catatan penting yang disampaikan adalah masalah pembebasan lahan yang harus dilakukan tepat waktu, sehingga peserta terutama di sektor Gelar Teknologi dapat mempersiapkan materi dengan leluasa dan sempurna. Selain itu materi Penas KTNA terutama materi Gelar Teknologi di lapangan tidak ada perencanaan pengelolaan  setelah kegiatan selesai. Diupayakan pada Penas KTNA XVI tahun 2020 nanti materi pada Gelar Teknologi dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang untuk agrowisata. Konsep yang ditawarkan Balitbu Tropika adalah optimalisasi lahan untuk pertanaman tanaman buah melalui tumpang sari dengan tanaman buah semusim serta tanaman sayur dan tanaman hias.

Sumber: Ellina Mansyah
Editor: Jumjunidang
13 Juli 2017


Pin It