JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Pemanfaatan Buah Tropika sebagai Tanaman Pekarangan Mendukung Kesejahteraan Keluarga

Balitbu Tropika merupakan lembaga penelitian yang telah banyak menghasil inovasi teknologi di bidang holtikultura terutama buah. Peran Balitbu sudah banyak dirasakan oleh petani dan masyarakat di seluruh Indonesia. Namun pekerjaan sebagai lembaga riset mengharuskan Balitbu untuk terus berinovasi dan bersinergi dengan Instansi terkait seperti Dinas Pertanian dan Kelompok Tani sebagai mitra utama dalam pengembangan Inovasi Teknologi.

Pada Selasa, 11 Juli 2017 Kelompok Wanita Tani Harapan Jaya Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan dan pelatihan dengan tema “Pemanfaatan Tanaman Pekarangan Sebagai Aset Rumah Tangga”.  Rombongan yang beranggotakan 35 orang dibawah piminan PPL Ismayeti, SP.

Sebagai materi awal sebelum kunjungan lapang, Ir. Irwan Muas, MP menyampaikan materi tentang “ Pengembangan Teknologi Buah Tropika”. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan buah lokal.  Namun serangan buah impor sudah mencapai titik yang mengkhawatirkan, bahkan sudah mencapai tingkat pasar tradisional. Sudah tidak asing lagi apabila kita melihat pemandangan buah apel impor bersanding mesra dengan produk lokal Jengkol (Zengkol Bahasa pemakalah red) di lapak pedagang di Pasar Tradisional.

Pembukaan di Auditorium Balitbu Tropika bersama PPL Ismayeti, SP dan Ir. Irwan Muas, MP

Suasana Diskusi Peserta Kelompok Wanita Tani Harapan Jaya

Kondisi ini bisa diperbaiki melalui pengembangan buah lokal. Perbaikan mutu, penggunaan benih berkualitas serta teknik budidaya yang tepat dalam penanaman buah tropika. Dalam hal ini, Balitbu Tropika telah banyak menghasilkan varietas unggul serta inovasi teknologi dalam meningkatkan daya saing buah nasional dengan buah asing. Penggunaan lahan pekarangan sebagai areal penanaman buah tropika akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan buah tanpa harus membeli. Dengan teknik budidaya yang baik masyarakat juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan melalui penjualan buah. Program ini lah yang akan direncanakan oleh Kelompok Wanita Tani Harapan Jaya.

Sumber: Nofiarli
Editor: Tim Website
12 Juli 2017


Pin It