JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Balitbu Tropika Berjaya Dalam Lomba Karya Inovasi IPTEK Sumatera Barat 2017 Melalui Semangka dan Rambutan

Balitbu Tropika, 2017. Dalam rangka meningkatkan motivasi para inovator dalam menghadapi perkembangan IPTEK, maka tahun 2017 Baliitbangda Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar kegiatan Kompetisi Karya Inovasi IPTEK Tahun 2017 dengan peserta yang terdiri dari kalangan akademisi, praktisi, peneliti, siswa SMU/SMK serta dari kalangan masyarakat umum. Kriteria karya inovasi yang dilombakan adalah karya inovasi asli dan orisinil serta dapat dipertanggungjawabkan, berupa pengembangan atau perbaikan dari produk yang sudah ada, dan dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat, dan manfaat ekonominya bisa berdampak terhadap pembangunan ekonomi kerakyatan, serta ramah lingkungan dan berpotensi diterapkan dalam industri kecil dan menengah.

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika selaku Lembaga Riset di bawah Litbang Kementerian Pertanian telah  banyak menghasilkan Karya Inovasi IPTEK. Pada perhelatan Lomba Inovasi IPTEK  tahun 2017, Balitbu mengikutkan 3 kegiatan yaitu Semangka Bersari Bebas dengan anggota tim Kuswandi, SP, MSi dan Makhful, SP, Msi,  Korma Rambutan dengan anggota tim Nofiarli, STP, MP, Kuswandi, SP, Msi, Mega Andini , SP dan Nini Marta, SP, MP dan Kompos Batang Pisang dengan anggota tim Nini Marta, SP, MP dan Dr. Mizu Istianto. Dari 44 peserta yang ikut, Balitbu berhasil meloloskan dua Inovasi Iptek ke seleksi final pada Selasa 6 Juni 2017 bertempat di Aula Gubernur yaitu Semangka Bersari Bebas dan Korma Rambutan.

Tim Balitbu Tropika bersama Kepala Balitbangda Sumbar Dr. Reti Wafda
(Mega Andini, Makful, Kuswandi, Reti Wafda, Nofiarli, Nini Marta kiri ke kanan red)

Acara pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba inovasi sumbar 2017 yang diserahkan langsung oleh gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno pada Senen 19 Juni 2017. Acara dimulai pada pukul 10.00 wib di Istana Gubernur Sumatera Barat. Berdasarkan hasil keputusan dewan juri menempatkan Semangka Bersari Bebas mejadi juara pertama dan Korma Rambutan menjadi juara harapan dua.

Pemenang Lomba Karya Inovasi Iptek 2017 bersama Gubernur Sumbar Prof. Dr. Irwan Prayitno,
Kepala Balitbangda Sumbar Dr. Reti Wafda, dan Ketua Dewan Riset Daerah Prof. Dr. Fachri Ahmad

Acara pemberian penghargaan ini dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten-Kota, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi, Peguruan Tinggi, Balai Penelitian, dan Dewan Rakyat Daerah (DRD). Pada kesempatan ini juga terbuka diskusi dengan salah satu pejabat dari Balitbangda Sumbar untuk membuka peluang kerjasama dengan Balitbu Tropika. Disamping itu juga ada peluang kerjasama dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan Dr. Jumsu Trisno. Mudah-mudahan semakin banyak teknologi aplikatif yang dihasilkan Balitbu Tropika yang bermanfaat secara langsung bagi masyarakat.

Sumber: Nofiarli
Editor: Tri Budiyanti
20 Juni 2017


Pin It