JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Menindaklanjuti kegiatan kerjasama antara Puslitbang Hortikultura melalui Balitbu Tropika dengan PT. Great Giant Food pada saat Spekta Hortikultura 2018 di Lembang, Bandung, Jawa Barat, maka pada 8 Januari 2019 dilakukan rapat yang bertempat di Puslitbang Hortikultura. 

Rapat dipimpin oleh Kapus Litbang Hortikultura dan dihadiri oleh Kepala Balitbu Tropika beserta staf, Kabid KSPHP beserta staf kerjasama, dan tim GGF. 

Great Giant Food selama ini mengelola kebun sendiri, namun pada tahun 2019 akan bermitra dengan petani untuk mengembangkan usaha terutama pada komoditas durian, alpukat, salak, manggis, pepaya, petai dan jengkol. Oleh karena itu PT GGF bermaksud untuk mengadopsi teknologi unggul Balitbangtan terkait komoditas tersebut. 

Konsep yang diusung dalam bermitra dengan petani adalah satelite plantation yang bertujuan untuk mempermudah distribusi produk dan penanganan pasca panen dengan mendekatkan lokasi produksi dengan konsumen. Dalam waktu dekat PT. GGF akan menyelenggarakan Bimtek bekerjasama dengan Balitbu Tropika.

Rencana PT. Great Giant Food untuk bermitra dengan petani sejalan dengan arahan Mentan agar inovasi Balitbangtan dampaknya dapat dirasakan secara langsung oleh petani. 

Kerjasama dengan PT GGF agar tidak sebatas pada penerapan inovasi teknologi Balitbangtan, namun juga menjadi wahana untuk melakukan penelitian terapan (quick yielding research) yang melibatkan partisipasi petani secara aktif, contohnya pemilihan varietas yang melibatkan partisipasi petani. Dalam waktu dekat PT. GGF akan membangun kebun adukasi di Lampung sebagai inti satelite dan display produk control. 

Sebagai langkah awal, PT. GGF telah melakukan uji organoleptik terhadap beberapa varietas yang dilepas Balitbu Tropika. Varietas terpilih antara lain pepaya Merah Delima, salak Sari Intan, manggis Ratu Kamang dan Ratu Tembilahan. 

Sebagai tindak lanjut pertemuan, maka akan dilakukan diskusi lebih lanjut dengan Balitbu Tropika untuk membuat perjanjian kerjasama dan rencana kerja yang lebih detail. 

Narasumber & Foto: Ellina Mansyah
Editor: Tim Website

 

Pin It