JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Namanya Firdaus tapi beliau lebih dikenal dan dipanggil dengan sebutan "Pak Kasiah". Perawakannya kecil tapi soal semangat pria 45 tahun ini perlu diacungi jempol.

Beberapa hari lalu Pak Kasiah ikut menyemarakkan acara Launching Agrowisata Payo Kota Solok yang diresmikan oleh Dirjen Hortikultura Dr. Suwandi dan Pemkot Kota Solok dengan menampilkan pisang "Kepok Tanjung", varietas unggul Balitbu Tropika Balitbangtan. Besarnya tandan pisang Kepok Tanjung juga beberapa benih yang dipanjang berdampingan dengan display Balitbantan sempat mencuri perhatian pengunjung. Banyak yang berdiskusi dengan beliau dan menyatakan tertarik mengembangkan jenis pisang tersebut.

Kesuksesan Pak Kasiah membudidayakan pisang unggul ini bermula tahun 2014 saat beliau memperoleh 2 anakan dari tetangga yang menanam pisang ini dimana benihnya berasal dari seorang peneliti pisang Balitbu Tropika.

Berbekal dua anakan  sebagai sumber perbanyakan Pak Kasiah mulai mengembangkan pisang tersebut di lahan milik keluarga seluas lebih kurang 11 Ha yang terletak di Jorong Batu Palano, nagari Selayo Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Saat ini Pak Kasih boleh berbangga hati, karena kerja kerasnya telah membuahkan hasil. Di lahannya sekitar 3000an batang pisang Kepok Tanjung tumbuh dan berproduksi dengan baik. Kerberhasilan beliau membudidayakan pisang ini mendapat apresiasi dari Balitbu Tropika sehingga tahun ini mulai membina Pak Kasiah sebagai penangkar benih resmi pisang Kepok Tanjung yang bersertifikat oleh BPSB. Saat ini di depan rumah sederhanyanya di Jorong Batu Palano Nagari Selayo telah terpajang plang nama penangkar benih "Tujuh Bersaudara" dan beberapa pohon induk yang sudah teregister.

Begitulah Pak Kasiah, bertani sepenuh hati. Semoga usahanya terus maju dan dapat menjadi contoh bagi petani lain di wilayah Solok dan sekitarnya.

Sumber: Jumjunidang
Foto & Editor: Tim Website

 

Pin It