JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jengkol, komoditas sayur yang keberadaannya mulai dicari dan diperhitungkan, karena dibalik baunya yang agak kurang sedap, ternyata  jengkol diyakini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat mengurangi kadar gula darah. 

Pemda Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat telah memprogramkan kegiatan untuk menggali potensi jengkol unggul di wilayahnya. Untuk kegiatan tersebut Pemda Kabupaten Sijunjung menggandeng Balitbu Tropika dalam membantu pendaftaran varietas. Hari ini Selasa, 6 November 2018, tim peneliti komoditas jengkol Balitbu Tropika menuju lokasi pertanaman jengkol di Jorong Sibisir, Nagari Timbulun, Kec. Tanjung Gadang yang didampingi oleh petugas dari Diperta Sijunjung dan pemilik tanaman.

Tanaman jengkol yang diunggulkan sebagai calon varietas unggul baru (VUB)  milik pak Jefri ini adalah jenis jengkol "bareh" (buah kecil) dengan produksi tinggi. Tanaman berada di lahan campuran durian dan manggis dengan tipe tanah PMK, terletak pada ketinggian 316 m dpl.  Jefri mengatakan, tahun 2017 kemarin tanaman ini berproduksi sangat tinggi (lk 20.000 biji/pohon).

Pada kesempatan kunjungan lapangan ini telah dilakukan karakterisasi tanaman baik vegetatif maupun generatif. Diharapkan ke depan tanaman jengkol yang diunggulkan ini dapat didaftar sebagai varietas unggul baru sehingga dapat dikembangkan secara luas.

Narasumber: Tim Peneliti Jengkol

Pin It