JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Selama dua hari Jumat dan Sabtu, 7 dan 8 September 2018, Balitbu Tropika melakukan kunjungan ke PT. Great Giant Foods (GGF) yang berada di Kecamatan Terbanggi Kab. Lampung Tengah Provinsi Lampung. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan  tim GGF ke Balitbu Tropika tanggal 28 Agustus 2018 lalu. Selain untuk bersilaturahmi, kunjungan ini bertujuan untuk bertukar informasi dalam kemajuan penelitian, pengelolaan dan pengembangan tanaman buah serta penjajakan  kerjasama.

Rombongan tim Balitbu Tropika yang berjumlah 15 orang  dipimpin langsung oleh  kepala balai Dr. Ellina Mansyah didampingi 3 orang ketua kelompok peneliti (Kelti) serta beberapa peneliti dan teknisi kebun. 

Rombongan Balitbu Tropika diterima oleh jajaran manajer, diawali dengan ramah tamah kemudian tim Balitbu Tropika berkunjung ke kebun  dan pabrik pengalengan nenas. Dengan luasan pertanaman nenas mencapai 40.000 ha dan pabrik pengolahan yang berskala internasional PT. GGF menjadi perkebunan nenas terbesar nomor dua di dunia.

Siang hari setelah makan siang kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan pertemuan dengan jajaran manajer, peneliti terkait dan pengelola blok komoditi. Pertemuan dihadiri langsung oleh Direktur Manajemen Produksi PT. GGF Wayan Ardana. Dalam sambutannya Direktur produksi menyampaikan bahwa kerjasama adalah sesuatu hal yang perlu diwujudkan untuk mengembangkan suatu produk/komoditi pertanian. PT. GGF saat ini tidak hanya tertumpu pada komoditas nenas tapi  juga telah mengembangkan komoditas lain seperti pisang yang sudah diekspor ke beberapa negara, pepaya dan jambu biji. PT. GGF terus melakukan ekspansi, tidak hanya menambah komoditi tapi juga ekspansi wilayah pengembangan di Indonesia. Komoditas yang dilirik antara lain lemon, manggis, alpukat dan durian. Wayan Ardana berharap akan terjalin kerjasama yang baik, disampaikan bahwa benih-benih sebar beberapa komoditi buah yang telah dikirim oleh Balitbu Tropika sebagai permulaan kerjasama dapat dipelihara dengan baik. Kepala Balitbu Tropika juga menyampaikan profil, mandat dan teknologi serta produk yang telah dihasilkan oleh Balitbu Tropika. Beberapa hal penting yang dibahas  dalam pertemuan tersebut antara lain potensi dan peluang kerjasama kedua belah pihak, baik kerjasama penelitian, pendampingan petani maupun dalam pengembangan pertanian terutama untuk tanaman buah.
Terakhir adalah penyerahan cindera mata dari PT. GGF kepada Balitbu Tropika.

Saat kunjungan ke lapangan, tim Balitbu dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memaksimalkan diskusi  masalah yang lebih spesifik pada setiap komoditas. Hasil kesepakatan dari kunjungan ini segera akan ditindaklanjuti ke arah penjabaran poin-poin dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) yang segera akan ditandatangani.

 

Pin It