JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika sudah tersertifikasi ISO 9001:2008  sejak tahun 2010 dengan No sertifikat: QMS/214, melakukan transisi ke Standar ISO 9001:2015 Bulan Oktober 2017. Lingkup sertifikasi adalah administrasi publik (Bagian Tata Usaha, Jasa Layanan Teknik, Jasa Penelitian, Kelompok Jabatan Fungsional dan Kebun Percobaan Aripan, Sumani serta Subang).  

Kegiatan audit eksternal yang dilaksanakan tanggal 16-20 Juli 2018 dilakukan oleh lembaga sertifikasi sistem manajemen dalam hal ini dilakukan oleh Ibu Isyana Dewi (Auditor ISO dari PT. Mutu Agung Lestari). Ruang lingkup audit sesuai dengan lingkup sertifikasi Balitbu Tropika. 

Audit eksternal bertujuan untuk ; 1) Meninjau konsistensi penerapan sistem manajemen mutu yang diterapkan organisasi terhadap standar ISO 9001:2015, 2) Memeriksa efektivitas tindakan perbaikan atas hasil audit sebelumnya, 3) Meninjau peluang untuk peningkatan sistem manajemen organisasi serta 4) Memeriksa penggunaan logo sertifikasi.

Bagian-bagian yang ditinjau oleh auditor selama proses audit adalah Top Manajemen, Sekretariat ISO Balitbu Tropika, Bagian Tata Usaha (Sumber Daya Manusia, Pengadaan Barang dan Jasa, Rumah tangga, Arsiparis), Bidang Pelayanan Teknik, Bidang Jasa Penelitian, Kelompok Jabatan Fungsional Peneliti dan Kebun Percobaan Aripan dan Subang. 

Hasil audit terhadap pemenuhan standar ISO 9001:2015 adalah:  5 ketidaksesuaian minor dan 5 saran tindakan perbaikan. Semoga kegiatan audit eksternal ini dapat ditindaklanjuti untuk penyempurnaan sistim manajemen mutu di Balitbu Tropika.

Foto dan Naskah: Makful dan Tim Website
Editor: Tim Website

 

 

Pin It