JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Dalam rangka untuk menjalin kerjasama di bidang hortikultura terutama tanaman buah mangga, manggis dan salak, dilakukan kunjungan peneliti dari Selandia Baru ke Indonesia termasuk Balitbu Tropika. Rombongan peneliti tersebut terdiri dari Dr. Suzie Newman (Plant & Food Research, team leader), Dr. Allan Woolf (Plant & Food Research, Postharvest Expert), Tiago Wandschneider (Value Chain) dan Dr. Felix Zulhendri (Konsultan). 

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melihat kondisi dan profil penelitian dari tiga komoditas tersebut (mangga, manggis dan salak) merencanakan kegiatan peneitian yang akan dapat meningkatkan produksi dan kualitas termasuk keamanan rantai nilai mangga, manggis dan salak yang diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pendapatan petani dan ekspor komoditas terkait.

Kunjungan tersebut diawali dengan diskusi mengenai penggalian masalah yang dihadapi pada budidaya mangga, manggis dan salak, dan kegiatan-kegiatan penelitian yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Pada kesempatan tersebut dipaparkan gambaran bagaimana buah kiwi mulai dari riset sampai meluas di seluruh dunia, dengan melibatkan peneliti dari berbagai disiplin ilmu. Model tersebut diharapkan bisa diterapkan pada komoditas buah yang ditangani Balitbu tropika, terutama mangga, manggis dan salak. Setelah itu dilanjutkan kunjungan ke lapang yaitu ke lokasi manggis pendek (grafting) dan salak Sari Intan.

Dari hasil kunjungan ini akan dilakukan in depth disscussion di Puslitbang Hortikultura yang akan direncanakan pada tanggal 13 April 2018, untuk membahas lebih detail lagi kegiatan-kegiatan yang akan dilakuan dalam format kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Selandia Baru.

Naskah: Agus Sutanto
Foto dan Editing: Tim Website

 

Pin It