JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение


Pengurus PERAGI Komda Sumbar bersama Pengurus PERAGI Pusat saat pengukuhan

Pengukuhan PERAGI Komda Sumatera Barat   dilakukan oleh ketua I PERAGI Ir. Mukti Sardjono, M.Sc di dampingi oleh Ketua Bidang Pembinaan Organisasi dan Profesi Ir. Gayatri K Rana, M.Sc dan Staf Bidang Pembinaan Organisasi dan Profesi Dr. Saefudin, M.Si. Pengukuhan dilaksanakan di auditorium Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika di Solok,  pada 4 April 2018.
 
Dalam arahannya sesaat setelah pengukuhan, Ketua I PERAGI mengharapkan peran aktif Komda Sumbar pasca pengukuhan harus lebih nyata terutama berperan dalam menyelesaikan permasalahan pertanian terutama di bidang ke-agronomian. Lebih lanjut Mukti menekankan, kontribusi PERAGI dalam mendorong pengembangan potensi komoditas utama/strategis Sumbar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Ketua I PERAGI Mukti Sardjono saat pengukuhan PERAGI Komda Sumbar
Ketua PERAGI Komda Sumbar Prof. Dr. Ir. Reni Maryeni, MS menyatakan siap menyusun program Komda  bersinergi dengan Pengurus Pusat, memaksimalkan SDM pengurus dan seluruh potensi yang ada.  
 
Pada kesempatan yang berbeda Ketua I PERAGI selaku Staf Ahli Menteri Kementerian Pertanian Bidang Lingkungan pada pagi hari berkesempatan memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Bimtek teknologi budidaya pepaya dan manggis kerjasama Balitbu Tropika dengan Pusat Perpustakaan dan Informasi Pertanian.
 
Setelah membuka Bimtek dan menjelang pengukuhan Komda PERAGI, Ketua I PERAGI dan rombongan menyempatkan diri berkunjung ke Kebun Percobaan Aripan blok berbagai tanaman buah tropika seperti buah naga, pepaya, manggis, durian, salak, pisang dan sirsak. Pada kunjungan lapangan ini Ketua I PERAGI didampingi oleh kepala Balitbu Tropika Dr. Ellina Masnyah beberapa para peneliti dan teknisi.
 
Ketua I PERAGI dan Rombongan Mencicipi Buah Tropika di KP Aripan Balitbu Tropika
 
Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Ir. Mukti Sardjono, M.Sc merasakan langsung cita rasa buah unggulan hasil penelitian Balitbu  seperti pisang, pepaya Merah Delima,  salak Sari Intan, durian dan buah naga. Menurut Mukti varietas unggul buah tropika hasil karya peneliti ini selain enak dan berkualitas juga tidak kalah dibanding buah impor. Mukti berharap buah-buahan unggul ini harus  dikembangkan secara luas di masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan buah dalam negeri bahkan untuk ekspor yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan pelaku usahatani.
Naskah dan Foto : Tim Jaslit
 
 
 
 
Pin It