JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika, Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP., Senin, 5 Februari 2018 menghadiri Asistensi Teknis Penajaman Fokus Pusat Unggulan Iptek, yang dilaksanakan di gedung Puspiptek Serpong, Provinsi Banten. Pada kesempatan ini, Kepala Balitbu Tropika  didampingi oleh Ketua PUI Balitbu Tropika, Dr. Sukartini, Koordinator Sourcing Absortive Capacity, Dr. Agus Sutanto, dan Koordinator Research and Development, Dr. Muryati.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan terhadap lembaga yang telah lolos seleksi awal. Tahun ini merupakan tahun pertama Balitbu Tropika ditetapkan secara resmi sebagai lembaga binaan PUI. Pembinaan dilakukan maksimal tiga tahun yang meliputi tahap supervisi dan fasilitasi, sehingga lembaga memiliki kompetensi yang layak untuk ditetapkan sebagai PUI.  Dalam masa pembinaannya PUI mengembangkan tiga kapasitas kelembagaan yang mencakup kapasitas lembaga mengakses informasi (Sourcing Capacity), kapasitas riset (Research and Development Capacity) dan kapasitas diseminasi (Disseminating Capacity).

Pertemuan ini merupakan ajang untuk menyamakan persepsi terkait fokus unggulan lembaga. Yudho Baskoro Muriadi, S.Sos, M.Si, MPP dari Sekretariat Pusat Unggulan Iptek menyampaikan bahwa pengembangan PUI dilaksanakan berdasarkan pendekatan kelembagaan. Pendekatan yang dimaksud adalah penataan manajemen litbang, riset dan diseminasi dengan kondisi saling berkompetisi. Diseminasi yang dimaksud tidak hanya merujuk pada produk yang dikembangkan, namun juga pelayanan yang prima. Lembaga yang tidak bergerak maju tidak bisa tetapkan sebagai PUI. Skor yang diperlukan oleh lembaga untuk dapat ditetapkan sebagai PUI adalah 850. Disampaikan pula, bahwa setiap lembaga binaan harus mengusulkan tim supervisi dan tim pakar. Agenda lainnya pada pertemuan ini adalah temu lapang yang menjadi bagian dari safari PUI. Balitbu Tropika  berupaya untuk meraih predikat Pusat Unggulan Iptek dengan fokus unggulan IPTEK buah tropika pada tahun depan.

Sumber: Ellina Mansyah
Editing: Tim Web

Pin It