JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Varietas baru yang baru dilepas dan kemudian dilaunching akan kelihatan hasilnya apabila varietas tersebut dikenal kemudian disebarkan dan diterima oleh masyarakat. Salah satu langkah yang bisa dlakukan adaah dengan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk bisa disosialisasikan dalam rangka meningkatkan tanggung jawab bersama dalam mengatasi tantangan dalam sosialisasi varietas baru terutama dari sektor perbenihan. Ada varietas baru tentu dituntut adanya benih yang cukup untuk dapat disebarkan baik sebgai benih okok, benih induk maupun benih sebar. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika sebagai pemegang mandat tanaman mangga mengundang beberapa BPTP yang diwilayahnya sedang mengembangkan tanaman mangga : BPTP NTB, BPTP Jawa Timur, BPTP Jawa Tengah dan BPTP Jawa Barat serta beberapa penangkar mitra yang ada di wilayah Pasuruan. Dan untuk mengetahui payung hukum perbenihan diundang juga nara sumber dari BPSB Jawa Timur yang diwakili oleh pengawas benih wilayah Pasuruan.

Koordinasi ini dibuka langsung oleh Kepala Balitbu Tropika Dr. Ellina Mansyah. Dalam sambutannya Ellina menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk menyebar luaskan teknologi perbenihan dengan tujuan untuk mempercepat arus informasi teknologi tentang mangga.  Dengan harapan dari masing-masing BPTP bisa ikut terlibat dalam penyebaran benih varietas unggul dari Bdan Litbang Pertanian. Pada hari kedua para peserta koordinasi dan sosialiasasi berkunjung ke kebun percobaan Kraton dan penangkar mitra Badan Litbang Pertanian yang ada di Pasuruan untuk bertukar pengalaman dalam memperkuat kemampuan teknologi perbenihan.

 

Pembukaan oleh Ka Balitbu Tropika Ellina Mansyah di dampingi oleh Kasi Pelayanan Teknis Djoko Sudarso (kiri)

Peneliti pemulia mangga Karsinah saat memaparkan materi perbenihan mangga (kanan)

 

Hartono dari BPTP Jawa Tengah memaparkan perkembangan perbenihan mangga di unit kerjanya (kiri)

Mujiono dari BPTP Nusa Tenggara Barat menjelaskan system perenihan yang telah dilakukan (kanan)

 

 

Nana Sutrisna dari BPTP Jawa Barat (kiri) dan Handoko dari BPTP Jawa Timur (kanan) menjelaskan kondisi perbenihan di wilayahnya

 

 

M Suut dari Pengawas Benih BPSB wilayah Pasuruan menjelaskan aturan sertifikasi benih hortikultura (kanan)

 

  

Para penangkar benih mangga yang hadir di koordinasi dan sosialisasi perbenihan mangga (kiri)

Peserta bersama Kepala Balaitbu Tropika saat berkunjung ke salah satu penagkar benih mangga (kanan)

 

Foto : Masirul dan RJ Ali

Naskah dan editor : Tim Web

 

 

Pin It