JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Salah satu rangkaian kegiatan Open House Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yang bertajuk Gelar Perbenihan dan Sumberdaya Genetik Mangga Indonesia, pada hari kedua adalah Sarasehan dan Temu Bisnis. Acara ini  dihadiri oleh lebih dari 50 orang yang terdiri dari pelaku agribisnis, peneliti, hobies, media massa dan pemerhati buah tropika dalam dan luar negeri. Pada kesempatan tersebut Balitbangtan menginformasikan teknologi yang telah dihasilkan terutama komoditas mangga kepada seluruh stakeholder untuk dapat diterapkan dan berkembang dalam skala komersial. Cita-cita ini hanya dapat diraih jika seluruh pelaku agribisnis mangga dari hulu sampai hilir saling bersinergi dalam menjalankan perannya. Acara seperti inilah yang diharapkan mampu  secara efektif menciptakan jejaring agribisnis mangga di Indonesia.Acara sarasehan diawali dengan penyampaian materi/ulasan oleh Balitbang Pertanian yang diwakili oleh Dr. M. Prama Yufdi (Sekretaris Baltbangtan), Dr. Hardiyanto (Kapuslitbanghorti) dan Dr. Ellina Mansyah (Ka. Balitbu Tropika). terkait kondisi terkini inovasi teknologi buah tropika yang siap untuk dikembangkan.

Dari diskusi yang berlangsung selama lebih kurang 2 jam, banyak hal-hal penting yang mengemuka yang diidentifikasi dapat menghambat perkembangan agribisnis mangga, salah satunya adalah keraguan pelaku agribisnis on-farm dalam mengembangkan komoditas hortikultura khususnya mangga karena tidak adanya jaminan keberhasilan dalam produksi. Namun demikian optimisme akan berkembangnya varietas baru yang dihasilkan Balitbangtan terutama mangga Agri Gardina 45 disampaikan oleh peserta dari TFNet,  karena varietas ini mempunyai daya saing yang tinggi dari sisi kualitas dan keunikan. Optimisme ini harus didukung dengan promosi yang benar dan pemberian nama suatu varietas yang punya nilai jual. Diakhir acara disepakati untuk membentuk jejaring  agribisnis mangga Indonesia berbasis IT  agar terbangun komunikasi yang intensif, baik antara Balitbang Pertanian dengan pelaku agribisnis maupun sesama agribisnis mangga.

Di hari ketiga menjelang penutupan masyarakat pengunjung masih antusias untuk mendatangi area pagelaran mulai dari masyarakat umum mahasiswa dan pelajar SD sampai SLTA untuk menikmati rasa aneka varietas mangga termasuk peserta pelatihan perbenihan mangga dengan materi Top Working yang dipandu oleh teknisi Balitbu Tropika.

 

Sarasehan dikawal oleh Sekeretaris Badan Litbang Pertanian M. Prama Yufdi,

Kapusbanghorti Hardiyanto dan Ka Balitbu Tropika Ellina Mansyah

 

 

Pelatihan budidaya dan olahan mangga

 

Pelatihan perbenihan mangga

 

Saat pelajar belajar tentang mangga disisi lain penggemar mangga foto disamping icon pagelaran

 

Saat mangga difoto dengan profesional

Foto dan naskah : Tim Web

Nopember 2017

Pin It