JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peneliti yang juga Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Dr. Ellina Mansyah bersama dua orang peneliti Dr. Affandi (Balitbu Tropika) dan .  Dr. Arry Suprianto dari Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika  (Balitjestro) menghadiri kegiatan International Symposium on Tropical  Fruit. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Fiji 23-26 Oktober 2017. Pada kesempatan tersebut peneliti Balitbu Tropika dan Balitjestro menyampaikan makalah dengan topik; Breeding and Biotechnology Research Program on Fruits, Management Pest and Disease on Mango dan Citrus Breeding

Simposium dihadiri oleh Menteri Pertanian Fiji, Vice President Guangdong Academy of Agricultural Sci., CEO ITFNet, FAO for International Investment on Tropical Fruits,  Peneliti, Praktisi buah tropika Asia Pacific dan Australia. Point penting yang dirumuskan pada simposium tersebut antara lain, 1) .  Mensupport petani dalam mengembangkan produk, 2) Memperkuat kapasitas organisasi petani lokal, nasional dan internasional, 3) Adopsi teknologi melalui kerjasama, 4) Mengelola dampak langsung perubahan iklim melalui investasi infrakstruktur, 5) Implementasi protokol biosekuriti, 6) Meningkatkan kepedulian terhadap praktek dan kapasitas institusi  pasca panen yang baik, 7) Kolaborasi riset dan memperkuat plasma nutfah dan 8) Kolaborasi dalam pemasaran.

Peneliti Balitbu Dr.Ellina Mansyah (kiri) dan Dr. Affandi (kanan) saat presentasi pada Simposium 

Ada beberapa keuntungan bagi Indonesia dari pertemuan tersebut  antara lain; 1) Partisipant interest dengan informasi yang disampaikan dan memperkuat keberadaan Balitbang Pertanian pada level internasional,  2) Pemerintah Fiji segera menindaklanjuti MoU antara Fiji dan Kementan dengan Scientific Exchange peneliti tanaman buah Fiji ke Indonesia, 3) CEO TFTNet Dr. M. Desa Hasyim akan hadir pada kegiatan ekspo mangga di Cukur Gondang 3-5 November 2017 beserta satu orang peneliti mangga Fiji, serta 4) CEO TFTNet juga ingin bertemu dan berdiskusi dengan Dirjen Hortikultura dan Balitbang Pertanian tentang kesediaan Indonesia sebagai tuan rumah pada ISTF 2018 mendatang.
Diharapkan point kesepakatan yang telah dihasilkan pada symposium ini dapat terwujud untuk kemajuan penelitian dan pengembangan tanaman buah di Indonesia.

 

Peneliti Balitbu Tropika dan Balitjestro bersama peserta Simposium

Sumber: Ellina Mansyah
Editor: Tim Website

Pin It