JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Dr.  Ir. Ellina Mansyah, MP didampingi Ketua Kelompok Peneliti  Ekofisiologi tanaman Dr. Ir. Martias, MP pada hari Selasa tanggal 3 Oktober 2017 mengikuti rapat koordinasi Nagari Mandiri Pangan.  Nagari Mandiri Pangan merupakan program yang diluncurkan Pemerintahan Sumatera Barat dalam upaya meningkatkan keberdayaan masyarakat pedesaan/nagari melalui pemanfaatan secara optimal  sumber daya yang dimiliki untuk mencapai kemandirian pangan rumah tangga dan masyarakat. Program ini langsung difasilitasi oleh Gubernur Sumbar dan dikoordinasikan oleh Dinas Pangan Provinsi Sumbar yang telah dimulai sejak awal 2017. 

Rapat koordinasi  bertempat di kantor Dinas Pangan Propinsi Sumatera Barat di Padang. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pangan Sumatera Barat Ir. Effendi, MP dan dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan, Perikanan, Peternakan, dan Kepala Dinas Pangan kabupaten dan kota se Sumatera Barat, serta ketua  Pokja Ahli Ir. Joni yang juga mantan kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat. Agenda pertemuan adalah evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan  dan rencana kegiatan tahun 2018.

 

Rapat koordinasi Nagari Mandiri Pangan dibuka oleh Kepala Dinas Pangan Sumbar, Ir. Effendi, MP

Suasana rapat

Sejak awal kegiatan,  Balitbu Tropika telah berkontribusi dalam memberikan pelatihan dan pendampingan serta persiapan pembentukan Nagari Mandiri Pangan yang berlokasi pada 32 nagari. Sebagai institusi Balitbangtan yang berada di daerah, pada tahun 2018  Balitbu Tropika bersama-sama dengan BPTP Sumbar akan berkontribusi dalam mengembangkan tanaman buah pada 32 nagari tersebut melalui distribusi benih tanaman buah diantaranya manggis, durian, pisang, pepaya, salak, sukun, petai dan jengkol.  Diharapkan 32 nagari ini dapat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian provinsi, kabupaten dan kota agar bisa terdaftar sebagai CPCL sesuai mekanisme yang berlaku. Ketua Pokja ahli Nagari Mandiri Pangan Ir.Joni menyampaikan bahwa program ini merupakan sebuah gerakan bukan proyek. Oleh sebab itu perlu penguatan kelembagaan di setiap nagari. Selain itu dinas terkait harus mengawal dan memantau ke lokasi secara periodik. Pelatihan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di berbagai bidang juga sangat diperlukan untuk mendukung kesuksesan program ini.

Peserta rapat koordinasi Nagari Mandiri Pangan. (kiri ke kanan) Dr. Novian Jamil, Jamil, Ir. Joni, Ir. Effendi MP, Dr, Ellina Mansyah, Dr. Martias, Ir. Idil S U   

Sumber: Ellina Mansyah 
Editor: Tim Web