JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Indonesia merupakan salah satu negara Megabiodiversity tempat berbagai flora dan fauna berasal dan berkembang, diantaranya adalah berbagai plasma nutfah tanaman buah. Menyadari pentingnya nilai sumberdaya genetik ini, Pemerintah Kabupaten Pelalawan pada tahun 2010 membentuk satu Unit Pelaksana Teknis Daerah yang menangani plasma nutfah lokal Pelalawan dan Sumatera pada umumnya dengan nama UPTD Kebun Buah-buahan dan Sumberdaya Genetik. Sampai saat ini UPTD BSDG Kab. Pelalawan Provinsi Riau telah mengoleksi sedikitnya 300 aksesi plasma nutfah yang ditanam di lahan seluas 6 hektar.

Untuk menjaga kelestarian dan berupaya untuk mengembangkan SDG tersebut, maka para petugas yang mengelola harus mampu melakukan perbanyakan tanaman. Untuk maksud tersebut, maka pada tanggal 25-30 September 2017 yang lalu, Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Pelalawan Provinsi Riau telah mengirim 6 orang petugas UPTD BSDG untuk berlatih berbagai teknik perbanyakan tanaman di Balitbu Tropika.

Acara pelatihan dibuka oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian Dr. Panca Jarot Santoso mewakili Kepala Balitbu Tropika, sedangkan dari UPTD BSDG dipimpin oleh Kepala Seksi Produksi Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Pelalawan Sofiansyah, SP, MM. Dalam sambutannya, Sofiansyah menyatakan disamping belajar teknik perbanyakan tanaman, dengan datang langsung ke Balitbu Tropika diharapkan dapat merangsang para petugas dapat meniru cara pengelolaan kebun UPTD seperti yang dilakukan oleh Balitbu Tropika. Dari kebun yang dimiliki dapat menghasilkan benih dan buah yang dapat meningkatkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi sbb.:

  1. Pengenalan berbagai sumberdaya genetik tanaman buah tropika
  2. Pengenalan berbagai teknik dasar perbanyakan tanaman
  3. Pengelolaan nursery berdasarkan implementasi Sistem Manajemen Mutu
  4. Mekanisme dan tatacara pendaftaran varietas
  5. Praktek perbanyakan tanaman, sbb.:
  • Sambung pucuk (grafting)
  • Okulasi
  • Stek batang
  • Stek daun
  • Cangkok
  • Penyusuan

Teori seputar perbenihan dan pengelolaan nursery diberikan di ruangan sebelum praktek lapang

 

Materi pengelolaan nurseri diberikan berdasarkan studi kasus langsung di lapang  Praktek perbanyakan durian cara sambung dini yang dilakukan malam hari, Entris yang dibawa dari perjalanan jauh harus segera disambung agar tidak banyak yang rusak

 

 Praktek perbanyakan cara penyusuan

 Naskah dan foto : Panca Jarot Santoso

Editing : Tim Web