JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pisang Tongka Langit (Musa troglodytarum) atau Fe'i adalah salah satu jenis pisang yang mempunyai keunikan karena arah tandannya ke atas. Selama ini diketahui wilayah penyebaran Fe'i adalah mulai dari Maluku, Papua sampai Pasifik (Solomon, Samoa, Fiji dll.). Keunikan lain dari pisang Tongka Langit adalah kandungan katoten yang lebih tinggi dari jenis-jenis pisang lainnya. Hal ini bisa ditandai dengan warna daging buahnya yang oranye. Namun demikian, pisang Tongka Langit juga ditemukan di tempat lain, yaitu di Lumajang dan Galunggung.

Sebagai implementasi bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura dengan Institut Teknologi Bandung, pada tanggal 16 September 2017, dilakukan survei tim ITB yang dipimpin Prof. Dr. Ketut Wikantika, Tim etnobotany dari UPI, Tim Exol dan peneliti Balitbu Tropika ke Galunggung untuk mengetahui sejauh mana penyebaran Tongka Langit di Galunggung. Ekspedisi ini diberi nama "An Indonesian Banana Expedition Series: A Mistery of Tongka Langit in Galunggung". 

Gambar 1. Tim ekspedisi yang terdiri dari tim ITB, Balitbu Tropika, UPI dan Exol

Dari hasil ekspedisi tersebut ditemukan tanaman pisang Tongka Langit tersebar di beberapa tepat, ditanam masyarakat di halaman rumah, pematang sawah dekat kolam dan di ladang. Belum ditemukan penanaman Tongka Langit dalam hamparan luas. Buah Tongka Langit dijual di beberapa kios sepanjang jalan ke tempat wisata.

Dari informasi penduduk setempat, pisang Tongka Langit dengan nama lokal pisang Ranggap sudah ada sejak lama sebelum gunung Galunggung meletus tahun 1982. Tetapi tidak diketahui sejak kapan pisang tersebut dibudidayakan oleh masyarakat Galunggung, dari mana asal pisang tersebut berasal dan siapa yang membawanya ke Galunggung. Perlu studi etnobotany lebih lanjut untuk meneliti asal usul pisang Tongka Langit di Galunggung, karena secara mofologi tanaman dan buahnya sangat mirip dengan Tongka Langit yang berasal dari Maluku.

Pada ekspedisi tersebut juga ditemukan satu rumpun pisang Tongka Langit yang menunjukkan gejala penyakit virus BBTV. Hal ini tentunya mengancam keberadaan pisang tersebut di wilayah Galunggung.

Gambar 2. Kondisi tanaman pisang Tongka Langit di ladang penduduk

Gambar 3. Buah pisang Tongka Langit yang dijual di lokasi wisata (kiri), dan yang baru dipanen (kanan)

Melihat kondisi pertanaman pisang di Galunggung dan mengingat kandungan pro vitamin A yang tinggi dari pisang Tongka Langit perlu tindakan pembinaan kepada masyarakat Galunggung untuk lebih mengembangkan pisang tersebut selain untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Usaha pembinaan ke masyarakat terutama dalam hal budidaya tanaman, penanganan pasca panen berupa penanganan segar dan pengolahan buah serta pencegahan/pengendalian hama dan penyakit tanaman pisang. Untuk usaha pelestarian, beberapa anakan diambil untuk dikoleksi di Kebun Percobaan Subang .

 Sumber: Agus Sutanto
Editor: Tim Web