Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner1
Banner4
inovation2
banner baru
inovatio1
banner2

Kunjungan Peneliti Mardi ke Balitbu Tropika

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika sebagai lembaga riset saat ini telah mulai dikenal ditingkat dunia. Salah satu institusi riset di Malaysia dibidang pertanian  tertarik untuk studi banding ke Balitbu Troipka.   Sebanyak 4 orang peneliti Malaysian Agricultural Research and Development Institute (MARDI), yaitu Salehudin Md. Radzan (agronomi), Mohd Ismail Mohd Kannu (produksi tanaman), Sivanaswari a/p Chalaparmal (pemuliaan tanaman) dan Dr. Johari Sarip (pemuliaan tanaman), berkunjung ke Balitbu Tropika pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2017.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah mengadakan studi banding tentang kegiatan penelitian dan pengembangan tanaman pisang yang telah dilakukan oleh Balitbu Tropika. Pada kesempatan tersebut dilakukan diskusi mengenai program pemuliaan, budidaya dan penanggulangan penyakit utama pisang. Diskusi dilakukan di lapang, yaitu di lokasi uji kebenaran calon kultivar unggul INA-03, kebun pisang Kepok Tanjung, dan lokasi kegiatan on farm conservation pisang Kepok Tanjung di Selayo.  Lokasi pengembangan pisang di luar Balitbu Tropika yang dikunjungi selain di Selayo juga di Kiniko, Tabek Patah. Pada kesempatan tersebut diperlihatkan keragaan dan produk pisang Soka yang sedang dalam proses pendaftaran varietas dan pisang Raja Kinalun.

Gambar 1. Peneliti MARDI berkunjung ke lokasi uji kebenaran INA-03

Selain kunjungan lapang para peneliti tersebut dengan dipandu oleh Dr. Agus Sutanto, melihat fasilitas laboratorium uji mutu, kultur jaringan dan rumah kasa serta kebun induk pisang yang ada di sekitar laboratorium kultur jaringan di KP Sumani. Salah satu breeder pepaya Dr. Johari Sarip tertarik dan ingin mengetahui perkembangan riset pepaya di Balitbu Tropika. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa saat ini masalah besar yang sedang dialami petani pepaya Malaysia yaitu serangan dieback oleh bakteri Erwnia.

Gambar 2. Peneliti MARDI studi banding ke laboratorium kultur jaringan

Gambar 3. Bersama bapak Anjung, petani kolaborator untuk kegiatan on farm conservation Kepok Tanjung di Selayo

Dengan adanya kunjungan para peneliti MARDI tersebut, diharapkan kerjasama penelitian antara Balitbangtan dalam hal ini Balitbu Tropika di masa mendatang akan semakin terbuka, bukan hanya terbatas pada komoditas pisang saja tetapi juga komoditas buah tropika lainnya.

Sumber: Agus Sutanto
10 Agustus 2017


 
 Hak Cipta © 2015 Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika
Jl. Raya Solok Aripan Km. 8 Solok Sumatera Barat 27351, Indonesia
Telp. +62 755 20137   Fax. +62 755 20592   SMS Centre : +62 8116624892   e-mail: balitbu@litbang.pertanian.go.id

 

Joomla Templates by JoomlaVision.com