Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner1
Banner4
inovation2
banner baru
inovatio1
banner2

Kunjungan Kepala Dan Peneliti Pisang Balitbu Tropika Dalam Rangka Pengembangan Tanaman Pisang Di Kota Payakumbuh

Kunjungan ini dilakukan pada tanggal 27 Juli 2017 sebagai respon atas permintaan kelompok tani kota Payakumbuh. Pada kesempatan ini, Bapak Yanuar selaku ketua bersama anggota kelompok mengajak tim Balitbu Tropika, yang terdiri atas Kepala Balitbu Tropika, Dr. Agus Sutanto, dan Drs Edison HS, mengunjungi lokasi kebun pisang bile yang baru berumur 1 bulan dengan jumlah populasi 80 tanaman. Rencana pengembangan kebun ditargetkan sampai 2 hektar. Setelah kunjungan lapang dilanjutkan pertemuan di kantor kelompok tani.

Gambar 1. Pisang Bile yang baru berumur 1 bulan setelah tanam di lokasi petani di Payakumbuh

Gambar 2. Diskusi di lapang dengan anggota kelompok tani

Gambar 3. Diskusi di ruangan untuk merencanakan program pengembangan pisang

Dalam pertemuan tersebut ada beberapa kesepakatan yang akan ditindaklanjuti, yaitu :

  • Kelompok tani kota Payakumbuh ini memiliki keinginan untuk menjadikan agribisnis pisang sebagai alternatif sumber pendapatan bagi masyarakat Payakumbuh. Untuk itu kelompok tani tersebut meminta dukungan dari Balitbu Tropika berupa pendampingan perbenihan, budidaya, pemasaran dan pengolahan hasil.
  • Pihak Balitbu Tropika menyetujui untuk memberikan pendampingan secara rutin terutama untuk budidaya serta memberikan pelatihan untuk pengolahan hasil.
  • Konsep agribisnis pisang ini difokuskan pada penjualan produk olahan seperti keripik, serundeng serta produk olahan lain.
  • Pengembangan kebun pisang dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu membuka lahan tidur dengan cara ditanami pisang serta membagikan bibit pisang untuk ditanam di pekarangan rumah. Target awal direncanakan untuk menghasilkan bahan baku pisang sebanyak 100 ton, identik dengan luasan lahan pisang sebesar 3 ha atau populasi pisang sebanyak 3.000 tanaman. Jenis pisang yang ditanam adalah pisang Bile, Roti dan Raja Kinalun.
  • Setelah pertemuan dilanjutkan kunjungan ke CV Kiniko Batusangkar untuk melihat kebun pisang Raja Kinalun dan Pisang Ayam. Dari hasil kunjungan ini disepakati kelompok tani Kota Payakumbuh akan mengambil anakan pisang Raja Kinalun dari kebun tersebut untuk dikembangkan di Kota Payakumbuh.

Gambar 4. Kondisi pertanaman pisang Raja Kinalun yang akan menjadi sumber benih untuk pengembangan pisang di Payakumbuh

Sumber: Mizu Istianto
28 Juli 2017


 

 
 Hak Cipta © 2015 Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika
Jl. Raya Solok Aripan Km. 8 Solok Sumatera Barat 27351, Indonesia
Telp. +62 755 20137   Fax. +62 755 20592   SMS Centre : +62 8116624892   e-mail: balitbu@litbang.pertanian.go.id

 

Joomla Templates by JoomlaVision.com