Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner1
Banner4
inovation2
banner baru
inovatio1
banner2

Silaturahmi Dekan Fak. Pertanian Universitas Andalas Padang ke Balitbu Tropika

Balitbu Tropika, 2017. Kedatangan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas (FKUA) Dr. Munzir Busniah bersama sorang staf dosen Dr. Adrinal ke Balai Peneliian Tanaman Buah Tropika pada hari Kamis 13 Juli 2017 disambut hangat oleh kepala Balitbu Tropika Dr. Mizu Istianto. Bincang-bincang dan diskusi tentang pengelolaan kebun percobaan, penghijauan kampus, penyediaan benih tanaman buah dan lain-lain dilakukan santai di blok percontohan budidaya tanaman buah naga di KP. Aripan Balitbu Tropika. Ikut mendampingi kepala Balitbu Tropika dalam diskusi tersebut antara lain Koordinator Program Dr. Ellina Mansyah, Kasi Jasa Penelitian Dr. Panca Jarot Santoso dan peneliti senior Dr. Martias.

Pada diskusi tersebut dibahas tentang peran penting Kebun Percobaan dalam suatu instansi penelitian. Kebun Percobaan tidak hanya berfungsi sebagai sarana penelitian untuk menghasilkan teknologi namun juga berperan dalamĀ  diseminasi dan publikasi dari teknologi yang telah dihasilkan tersebut melalui pengembangan plot-plot percontohan. Pengelolaan Kebun Percobaan yang baik dapat menunjang kegiatan penelitian dalam menghasilkan berbagai inovasi teknologi. Hal inilah yang telah dilakukan dan terus diperbaiki Balitbu Tropika terhadap seluruh kebun percobaan yang ada dalam lingkungan instansi ini. Hal lain yang diungkap oleh kepala Balitbu Tropika adalah tentang pengelolaan kebun percobaan melalui pengembangan agribisnis dan agrowisata dengan penerapan inovasi teknologi tepat guna dan sitim penanaman multikultur.

Penjelasan sistem drip irrigation tanaman buah kepada Dekan FPUA pada tanaman buah naga (kiri) dan durian (kanan)

Terkait dengan kebun percobaan yang dimiliki oleh Fakultas Peranian Universitas Andalas, Dr. Munzir Busniah menyampaikan bahwa FPUA telah merencanakan untuk mengelola kebun tersebut secara maksimal sehingga dapat berfungsi sebagai sarana penelitian sekaligus sebagai penghijauan. Disampaikan bahwa FPUA memiliki KP seluas 25 Ha yang selama ini hanya ditanami dengan tanam tahunan yang kurang produktif sehingga KP ini kurang termanfaat secara maksimal. Selain itu FPUA juga berencana melakukan penghijauan lingkungan kampus dengan tanaman buah-buahan seperti manggis. Beliau Dekan FPUA mengharapkan bantuan dan kerjasama dengan Balitbu Tropika.

Balitbu Tropika siap mendukung pengembangan Kebun Percobaan FPUA baik berupa bantuan benih sesuai dengan yang telah disepakati maupun pendampingan teknis di lapangan nantinya. Dekan FPUA dan staf berkesempatan berkeliling kebun untuk melihat secara langsung model/teknologi pengelolaan kebun dan tanaman yang diterapkan di beberapa blok percontohan budidaya tanaman buah di KP. Aripan.

Panen buah naga oleh Dekan FPUA bersama Ka Balitbu Tropika (kiri)
Dekan dan staf dosen FPUA (baju putih) bersama tim Balitbu Tropika di plot percontohan budidaya pisang Kepok Tanjung (kanan)
.
Sumbe : Nofiarli/Mega Andini
Penyunting : Jumjunidang
Juli, 2017


 
 Hak Cipta © 2015 Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika
Jl. Raya Solok Aripan Km. 8 Solok Sumatera Barat 27351, Indonesia
Telp. +62 755 20137   Fax. +62 755 20592   SMS Centre : +62 8116624892   e-mail: balitbu@litbang.pertanian.go.id

 

Joomla Templates by JoomlaVision.com