Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Banner4
banner1
inovation2
inovatio1
banner2
banner baru

Koordinasi Perluasan Pengembangan  Salak Sari Intan di Wilayah Perbatasan  Kabupaten Bintan

Balitbu Tropika, 2017. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bintan dan BPTP Riau mulai tahun 2009 sampai 2011 telah melepas 3 varietas unggul buah (VUB) salak (Sari Intan 48, Sari Intan 295, dan Sari Intan 541).  Perlahan tapi pasti VUB tersebut mulai berkembang di masyarakat. Pada tahun 2015-2016 Puslitbang Hortikultura bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Bintan menginisiasi demoplot kebun Salak Sari Intan yang difokuskan pada beberapa kawasan perbatasan dan mempunyai peluang pasar sangat bagus . Saat ini luas pengembangan mencapai 1,5 Ha yang terdistribusi di Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebung, Kelurahan Toapaya Asri Kecamatan Toapaya dan Bintan Buyu Kec Teluk Bintan Kabupaten Bintan. Rencana perluasan pengembangan  tahun 2017 yaitu seluas  1,2 Ha didanai dari kegiatan KKP4S Balitbu Tropika bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bintan.

Untuk kelancaran kegiatan tersebut pada tanggal 13-15 Juni 2017 dilakukan koordinasi dengan Kepala BPTP Kepri dan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bintan. Pada kesempatan tersebut tim peneliti Balitbu Tropika yang diketua oleh peneliti salak Ir. Sri Hadiati MP menyampaikan rencana kegiatan pengembangan salak Sari Intan di Kab. Bintan. Kepala BPTP Riau Dahono SP, MSi menyarankan untuk penambahan luas tanam salak Sari Intan dilakukan pada suatu hamparan di daerah sentra salak di Tanjung Uban karena  petani daerah tersebut sudah menguasai budidaya salak dan potensi pasar sangat baik. Saran ini sesuai dengan rencana dari Kepala Dinas Diperta Kab. Bintan dimana lokasi pengembangan tahun 2017 akan difokuskan di kawasan sentra salak Desa Lancang Kuning Kec. Tanjung Uban. Pada lokasi ini akan ditanam salak sebanyak 1000 tanaman yang terbagi dalam 3 petani.

Koordinasi dengan Dinas Pertanian Kab Bintan (Kanan), Koordinasi dg Pem Desa Lancang Kuning (kiri)

Pada kesempatan tersebut tim peneliti Balitbu Tropika melakukan kunjungan lapang untuk mengetahui kondisi calon lokasi pengembangan salak dan meninjau kondisi terkini tanaman salak yang sudah ditanam sebelumnya. Pemerintah desa dan masyarakat calon lokasi pengembangan di Desa Lancang Kuning sangat antusias untuk menanam salak Sari Intan karena sudah mengetahui keunggulannya. Saat ini jenis salak yang ditanam yaitu  salak lokal dengan  rasa dominan sepat. Petani salak berniat untuk mengganti dengan salak Sari Intan karena rasanya sangat manis dan disukai pasar.

Kondisi tanaman salak di Desa Encang Angkulai Umur 2 tahun

Untuk mengetahui perkembangan salak Sari Intan yg telah ditanam pada th 2015-2016 dilakukan peninjauan ke lokasi tersebut. Kondisi tanaman salak di Desa Ekang Anculai Kec. Teluk Sebung yang ditanam th 2015 pertumbuhannya cukup bagus dan sudah mulai berbunga,sedangkan  yang ditanam tahun 2016 baru mulai beradaptasi dengan lingkungan. Lokasi lain yg dikunjungi  yaitu Desa Bintan Buyu Kec. Sribintan. Pada th 2016 telah ditanam 500 tanaman, kondisi saat ini pertumbuhan tanaman cukup baik. Pertumbuhan tanaman yang terbagus yaitu di Toapaya. Petani sudah mulai mencangkok anakannya dengan tujuan untuk dikembangkan di wilayah tersebut. Tanaman yg ditanam tahun 2015 60% sudah berbuah. Pada lokasi ini juga akan dilakukan penambahan luas tanam 200 tanaman pada th 2017.

Kondisi tanaman salak di Desa Toapaya Umur 6 bulan dan 2 tahun dan cangkok anakannya

Diperta Kab. Bintan telah mempersiapkan benih cangkokkan yang berasal dari blok fondasi salak Sari Intan di BBK Kab. Bintan. Sebagian bibit sudah siap tanam dan sebagian masih dalam proses pencangkokan. Kondisi blok fondasi cukup terawat, sebagian anakan sudah dicangkok dan sebagian akan segera dicangkok.

Kondisi Blok Fondasi Salak Sari Intan dan ketersediaan benih

Sumber: Tri Budiyanti & Sri Hadiati
Editor: Tim Web
19 Juni 2017


 
 Hak Cipta © 2015 Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika
Jl. Raya Solok Aripan Km. 8 Solok Sumatera Barat 27351, Indonesia
Telp. +62 755 20137   Fax. +62 755 20592   SMS Centre : +62 8116624892   e-mail: balitbu@litbang.pertanian.go.id

 

Joomla Templates by JoomlaVision.com