Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner1
Banner4
inovation2
banner baru
inovatio1
banner2

Inovasi Teknologi Tiada Henti Balitbu Tropika Dalam Pembangunan Daerah

Salah satu fungsi Balai Penelitian adalah menghasilkan inovasi teknologi. Balai Penelitian Tanaman Buah  Tropika di bawah Badan Litbang Pertanian - Kementrian Pertanian yang berlokasi di Sumatera Barat telah menghasilkan banyak inovasi teknologi baik berupa varietas unggul, teknologi budidaya, serta produk unggulan lainnya.

Balitbangda Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan tahunan berupa lomba inovasi teknologi untuk menjaring teknologi inovasi unggulan daerah Pada lomba Inovasi Teknologi tahun 2017. Balitbu Tropika  berperan serta dengan mengikut sertakan tiga teknologi unggulan. Dari 44 peserta lomba di tahun 2017, terseleksi 8 teknologi pada babak grand final, dua diantaranya berasal dari Balitbu Tropika.

Dari kiri ke kanan : Nini Marta, Makful, Kuswandi, Mega Andini
Peneliti yang mewakili Balitbu Tropika

Seleksi tahap akhir untuk menentukan pemenang telah dilaksanakan pada Selasa 6 Juni 2017 bertempat di Aula Gubernur. Dua  inovasi teknologi dari Balitbu Tropika yaitu pemanfaatan rambutan non komersil  sehingga menjadi produk “Kurma Rambutan” yang unik, enak dan bernilai gizi. Tim peneliti  terlibat yaitu Nofiarli, Kuswandi, Mega Andini dan Nini Marta. Inovasi ini mendapat sambutan hangat dari ke 6 dewan juri, bahkan Kepala Balitbangda Sumbar Dr. Reti Wafda mencicipi  sampel dan mengomentari produk ini rasanya sangat enak. Dewan juri lainnya dari Universitas Andalas Prof. Dr. Anwar Kasim memberi apresiasi positif dengan kandungan vitamin C di dalam produk ini yang jauh lebih tinggi dibandingkan buah kurma.

Hasil olahan Kurma Rambutan

Produk unggulan lainnya yaitu Teknologi produksi benih semangka bersari bebas” juga mendapat tanggapan yang sangat  baik  dari dewan juri. Pada kesempatan ini peneliti juga menawarkan kerjasama dengan Pemda dalam proses pendataran calon varietas semangka BT5 menjadi varietas unggul daerah. Dewan juri tertarik karena varietas semangka bersari bebas ini dapat ditanam berkali-kali dan tetap seragam, serta dapat menekan biaya produksi. Selain itu petani membuat benih sendiri sehingga tidak bergantung kepada benih varietas hibrida komersial.

Benih semangka bersari bebas

Pengumuman hasil lomba ini  dijadualkan sekitar tanggal 17 Juni 2017 dan diikuti dengan penyerahan hadiah secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat kepada pemenang lomba.

Sumber : Nofiarli
Editor : Tri Budiyanti dan Jumjunidang
Juni, 2017

 
 Hak Cipta © 2015 Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika
Jl. Raya Solok Aripan Km. 8 Solok Sumatera Barat 27351, Indonesia
Telp. +62 755 20137   Fax. +62 755 20592   SMS Centre : +62 8116624892   e-mail: balitbu@litbang.pertanian.go.id

 

Joomla Templates by JoomlaVision.com