Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
banner1
Banner4
inovation2
banner baru
inovatio1
banner2

BALITBU TROPIKA MENDUKUNG PENGEMBANGAN DUKU PADA TTP TEGAL JAWA TENGAH

Salah satu program nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian adalah Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang merupakan salah satu penjabaran program Nawacita. TTP merupakan kawasan khusus berbasis teknologi untuk memfasilitasi percepatan alih teknologi yang dihasilkan oleh lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi dan perusahaan pertanian dari sub sistem hulu sampai hilir.

Salah satu lokasi TTP di Jawa Tengah adalah TTP Kabupaten Tegal yang berada di lahan Pemda Komplek BPP Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dengan luas 4,5 ha. Program kegiatan TTP Jawa Tengah berlangsung dari tahun 2015-2017. Komoditas yang menjadi unggulan di daerah tersebut adalah padi, jagung, ternak domba dan duku Kesuben.

Duku merupakan salah satu komoditas tanaman buah yang menjadi andalan di Desa Kesuben Tegal Jawa Tengah sehingga ditargetkan sebagai komoditas unggulan daerah. Pada tahun 2015 pemerinth daerah setempat telah melakukan festival buah duku di Kabupaten Tegal Jawa Tengah.  Duku dari desa Kesuben terpilih menjadi juara pertama pada event tersebut. Duku Kesuben memiliki keunggulan  cita rasa yang lebih manis daripada duku lainnya. Pemerintah daerah Kabupaten Tegal berencana mengembangkan duku  tersebut. Untuk keperluan pengembangan, terlebih dahulu  perlu dilakukan pendaftaran varietas  untuk duku Kesuben. Balitbu Tropika memberikan dukungan dalam pengembangan Duku Kesuben dengan membantu proses pendataran varietasnya.  Berkaitan dengan hal tersebut, telah dilakukan koordinasi dengan BPTP dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan  Kabupaten Tegal. Selanjutnya Balitbu Tropika bekerjasama dengan BPTP Jawa Tengah dan Pemda Tegal melakukan uji observasi  dan proses pendaftaran varietas duku Kesuben.

Calon pohon induk duku Kesuben

Selain itu, Balitbu Tropika memberikan dukungan terhadap TTP Tegal Jawa Tengah melalui beberapa kegiatan lainnya,  seperti sebagai narasumber dalam pelatihan budidaya dan pembibitan  duku yang dilaksanakan di TTP Lebaksiu Tegal pada 24 Mei 2017.  Kegiatan dibuka dan dipandu oleh Kepala UPTD Taman Teknologi Pertanian dan Pembibitan, Ir. Edi Wiharso, MP, serta diikuti oleh penyuluh pertanian, teknisi TTP, pemerhati buah dan pemuda tani sebanyak 24 orang. Bertindak sebagai narasumber yaitu Ir. NLP. Indriyani, MP., peneliti bidang pemuliaan dari Balitbu Tropika yang menyampaikan materi budidaya dan praktek menyambungan bibit duku. Pada kesempatan itu juga diserahkan juknis dan leaflet teknologi tanaman buah. Antusiasme peserta sangat bagus  terutama pada saat tanya jawab dan diskusi. Selain materi budidaya tanaman duku, juga diberikan teori budidaya tanaman pepaya, manggis, mangga dan durian.

Pelatihan budidaya dan perbenihan duku di  UPTD Lebaksiu Tegal (kiri) dan praktek  teknik perbanyakan  benih duku (kanan)

Sumber : NLP. Indriyani
Penyunting : Tri B & Jumjunidang
30 Mei 2017


 
 Hak Cipta © 2015 Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika
Jl. Raya Solok Aripan Km. 8 Solok Sumatera Barat 27351, Indonesia
Telp. +62 755 20137   Fax. +62 755 20592   SMS Centre : +62 8116624892   e-mail: balitbu@litbang.pertanian.go.id

 

Joomla Templates by JoomlaVision.com