Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Banner4
banner1
inovation2
inovatio1
banner2
banner baru

STUDI BANDING PUSAT KTM GERAGAI TANJAB TIMUR KE BALITBU TROPIKA


Kebun percobaan Balitbu Tropika selain berfungsi sebagai tempat penelitian juga dimanfaatkan sebagai lokasi agrowisata buah. Pengunjung dapat menikmati keindahan hamparan tanaman buah sekaligus juga menambah wawasan tentang buah tropika. Sesuai fungsinya tersebut, pada tanggal 23 Mei 2017 di KP Aripan telah dilaksanakan diskusi tentang konsep agrowisata dan budidaya buah tropika dengan rombongan dari Pusat Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi.

Pusat KTM Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur sejak tahun 2015 telah  bekerja sama dengan Direktorat Jenderal PK Trans Kementrian Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal Transmigrasi  RI dalam kegiatan pengembangan kebun buah agrowisata. Pusat KTM Geragai telah mengembangkan beberapa komoditas buah di area seluas 30 Ha yang terdiri dari tanaman buah naga, durian, jeruk dan kelengkeng. Untuk meningkatkan managemen kebun, pemeliharaan tanaman dan rencana pengembangan agrowisa buah tersebut mereka melakukan studi banding ke Balitbu Tropika.

Pada kesempatan tersebut rombongan diterima oleh Kepala Balai Dr. Mizu Istianto dan beberapa peneliti. Beberapa catatan penting tentang konsep agrowisata yaitu kebun tersebut dapat dinikmati keindahannya, ada produk yang bisa dibeli untuk dinikmati dan dibawa pulang dan yang paling penting ada ilmu yang dapat diperoleh. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Mizu Istianto saat berdiskusi di ruangan Showroom Balitbu Tropika. Selain itu beliau juga menyampaikan beberapa konsep dan contoh kawasan agrowisata buah yang telah dibina oleh Balitbu Tropika. Tim Pusat KTM Geragai berkesempatan menyampaikan informasi perkembangan terkini kondisi agrowista KTM Geragai. Beberapa kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan tenaga kerja, penyakit tanaman, teknik budidaya dan pertumbuhan tanaman yang lambat akibat dari perencanaan yang kurang terorganisir.

Selain diskusi dengan Kepala Balai, rombongan juga berkesempatan mengunjungi kebun buah di KP. Aripan. Kunjungan lapangan dan diskusi dipandu oleh beberapa peneliti dan Kepala Kebun Aripan. Pada kesempatan tersebut ditunjukkan pengelolaan kebutuhan air untuk setiap tanaman yang berada di kebun. Pengelolaan tata air menggunakan sistim drip irigasi menjadi hal menarik yang akan diterapkan di KTM Geragai. Budidaya tanaman buah tahunan yang ditumpang sari dengan tanaman semusim, kebun manggis yang dinaungi tanaman pisang dan kebun durian dengan view yang indah menjadi bahan diskusi yang menarik peserta studi banding.

Rombongan Pusat KTM Geragai akan menjadikan hasil studi banding ke Balibu Tropika sebagai bahan penyusunan rencana pemeliharaan dan pengembangan agrowisata buah di Tanjung Jabung Timur. Mereka juga berharap dapat terjalin kerjasama antara Pemda Kab. Tanjung Jabung Timur dengan Balitbu Tropika dalam pengembangan tanaman buah. ( Jumjunidang & Tribudiyanti)

Naskah dan Foto: Tim Website
29 Mei 2017


 
 Hak Cipta © 2015 Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika
Jl. Raya Solok Aripan Km. 8 Solok Sumatera Barat 27351, Indonesia
Telp. +62 755 20137   Fax. +62 755 20592   SMS Centre : +62 8116624892   e-mail: balitbu@litbang.pertanian.go.id

 

Joomla Templates by JoomlaVision.com