JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
#gruemenu.grue

Korong Gadang, Rambutan Jumbo Asal Sumatera Barat

Korong Gadang, Rambutan Jumbo Asal Sumatera Barat

Musim rambutan sebentar lagi datang, berbagai varietas rambutan dapat ditemukan di pasar tradisional. Salah satu varietas yang sering ditemukan di Sumatera Barat adalah rambutan Udang atau di beberapa daerah dinamai Korong Gadang. Aksesi rambutan ini dapat ditemukan di beberapa daerah di Sumatera Barat, antara lain kabupaten Tanah Datar, kabupaten 50 Kota, dan kota Padang.

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika mengoleksi rambutan ini di KP Aripan. Varietas lokal ini terbilang unik karena memiliki organ tanaman yang serba jumbo. Daunnya yang berbentuk obovate berukuran 2-3 kali ukuran daun rambutan pada umumnya, tekstur daunnya kasar dan pertulangan daunnya sangat jelas (Gambar 1).

Gambar 1. Keragaan tanaman rambutan Korong Gadang dan keragaan daun rambutan (Korong Gadang, Lebak Bulus, dan Binjai).

Buah rambutan Korong Gadang berbentuk lonjong dengan warna kulit merah-orange, kulit buah agak tebal, dan rambut kaku. Bobot per buah dapat mencapai 40 g, rasa daging buahnya manis dengan TSS 17-20°brix. Daging buahnya sangat mudah dipisahkan dari kulit ari biji, bahkan kulit ari biji sering terikut bersama daging buah. Tekstur daging buah renyah, karena kandungan air daging buah sangat sedikit. Porsi yang dapat dimakan 33-43% (Gambar 2).

Gambar 2. Keragaan buah rambutan Korong Gadang.

Sumber: Kuswandi
Editor: Tim Website

 

Pin It